Pahami 4 Cara Instalasi Driver di PC Dengan Mudah!

  • Jika Anda merupakan seorang pengguna PC yang ingin mengoptimalkan kinerja perangkat keras Anda, memahami cara instalasi driver adalah langkah penting yang perlu Anda kuasai.

Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi berkomunikasi dengan komponen hardware.

Sebenarnya, cara install driver PC itu mudah. Sebab, kini rata-rata hardware yang dicolokkan ke komputer akan ter-install secara otomatis.  Namun, ada juga beberapa perangkat yang harus diinstall secara manual dan mengharuskan Anda untuk menginstallnya sendiri.

Nah, dalam artikel ini akan membahas empat cara mudah untuk menginstall driver di PC dan memastikan perangkat keras berfungsi dengan lancar. Yuk, temukan jawabanya disini!

Apa itu Driver PC

Driver PC adalah perangkat lunak atau program yang memungkinkan sistem operasi untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan perangkat keras yang terpasang pada komputer.

Dengan kata lain, driver berfungsi sebagai perantara antara sistem operasi dan perangkat keras. Jadi, sebelum menggunakan komputer, Anda terlebih dahulu harus menginstal sistem operasi dan dilanjutan untuk menginstalasi driver komputer atau meng-update driver agar fungsi perangkat keras dan perangkat lunak dapat diatur dan dijalankan dengan baik pada PC atau komputer Anda.

Apa Fungsi Driver PC

Driver memiliki beberapa fungsi utama, termasuk:

1. Mengizinkan sistem operasi mengenali dan mengontrol perangkat keras

2. Menerjemahkan perintah dari sistem operasi menjadi bahasa yang dimengeri oleh perangkat keras

3. Memastikan perangkat keras beroperasi sesuai spesifikasi dan kinerja yang diharapkan.

Cara Instalasi Otomatis Driver di PC

Yang dimaksud dengan proses instalasi otomatis disini bukan berarti Anda tidak melakukan sesuatu hal melainkan ada sesuatu yang harus didownload terlebih dahulu. Apakah itu? Yuk, kita bahas

Baca juga: 7 Tips Memperpanjang Umur Baterai Laptop Agar Tetap Optimal

1. Driver Booster

Driver booster adalah driver yang dikembangakan oleh IObit dan merupakan perangkat lunak pihak ketiga yang dirancang untuk membantu Anda mengidentifikasi, mengunduh, dan menginstal driver perangkat keras di PC Anda dengan lebih mudah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal driver menggunakan Driver Booster:

1. Kunjungi situs resmi IObit dan download “Driver Booster”

2. Kemudian selesai di download, buka file installer dan ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar

3. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi Driver Booster lalu klik tombol “Scan” atau “Check Now”. Driver Booster akan mulai menganalisis perangkat keras di PC Anda.

4. Setelah proses “Scan” selesai, Driver Booster akan menampilkan daftar driver yang perlu diperbarui atau diinstal ulang.

5. Centang kotak di samping driver yang ingin Anda perbarui atau install

6. Setelah Anda memilih driver yang ingin diinstal, klik tombol “install” atau “update”. Driver Booster akan mengunduh driver yang diperlukan dan menginstalnya secara otomatis

7. Ketika sudah selesai, Anda bisa me-restart PC Anda agar perubahan tersebut terimplementasi sepenuhnya.

2. Driver Pack Solution

Sama seperti driver sebelumnya, Driver Pack Solution adalah salah satu perangkat lunak yang menjadi pilihan populer bagi Anda yang ingin menginstal dan memperbarui driver perangkat keras dengan mudah.

Anda dapat menggunakan driver ini secara online dan offline. Sehingga, software ini dapat berjalan seperti biasa ketika melakukan proses pemindaian (scanning).

Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaannya:

1. Buka browser web dan kunjungi situs resmi Driver Pack Solution 

2. Cari opsi “Unduh” atau “Download Now” untuk mengunduh Driver Pack Solution

3. Selanjutnya buka file installer yang telah Anda unduh

4. Ikuti petunjuk instalasi dan kemudian Install software.

5. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Driver Pack Solution dan Anda dapat memulai pemindaian driver dengan mengklik tombol “Scan” atau “Pindai”.

6. Setelah pemindaian selesai, Anda dapat melihat daftar driver yang memerlukan pembaruan atau instalasi ulang. Anda dapat melihat jenis driver dan statusnya.

7. Pilihlah driver yang ingin Anda perbarui atau install. Anda juga dapat memilih semua driver dengan mengklik “Install all” untuk diperbarui secara bersamaan. Jika tidak pun tidak masalah, Anda bisa menandai driver mana saja yang mau diinstal.

8. Tunggu proses instalasi selesai hingga muncul tulisan “It has been created

9. Setelah instalasi selesai, Anda dapat menutup Driver Pack Solution dan mulai menggunakan PC Anda dengan driver yang telah diperbarui.

3. Driver Easy

Driver Easy menjadi solusi populer bagi Anda yang ingin menjaga driver perangkat keras tetap baru dan mendukung kinerja yang optimal.

Software ini dirancang untuk membantu Anda menemukan driver apa saja yang hilang maupun yang belum terinstal dan software ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga akan ringan jika dioperasikan.

Langkah-langkah instalasi Driver Easy:

1. Kunjungi situs resmi Driver Easy dan klik tombol “Unduh” untuk mendownload installernya

2. Setelah unduh selesai, install Driver Easy dengan mengikuti petunjuk yang muncul dilayar dan Anda perlu memilih bahasa yang diinginkan serta direktori instalasi

3. Jika proses instalasi selesai, selanjutnya buka aplikasi dan klik tombol “Scan” atau “Pindai”. Driver Easy akan memulai pemindaian untuk mengindentifikasi driver yang perlu diperbarui atau diinstal

4. Lalu Anda akan melihat daftar driver yang memerlukan pembaruan atau instalasi ulang. Driver Easy akan menampilkan status dan versi driver yang saat ini terinstal

5. Centang kotak di samping driver yang ingin Anda perbarui atau bisa memproses semuanya secara bersamaan dengan klik tombol “Install All” atau “Update All

6. Saat instalasi selesai, Anda dapat menutup aplikasi Driver Easy dan semua perangkat dapat digunakan dengan baik.

Cara Instalasi Manual Driver di PC

Selain dapat dinstal secara otomatis, ternyata drivernya juga dapat diinstal secara manual lho. Anda tidak perlu lagi untuk mendownload software apapun dan caranya dapat dilakukan dengan komputer itu sendiri pada bagian Device Manager.

Cara instalasinya cukup mudah, Yuk… ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pastikan laptop anda sudah menyala dengan baik

2. Buka menu Start dan cari “Device Manager” atau cukup menekan tombol “Windows + X” pada keyboard

3. Kemudian pada layar komputer akan muncul tab disebelah kiri, lalu cari dan klik tulisan “Device Manager

4. Di jendela Device Manager, cari perangkat keras yang memerlukan driver baru. Biasanya, perangkat dengan tanda seru kuning menunjukkan adanya masalah driver

5. Klik kanan pada hardware yang ingin Anda install, kemudian pilih “Update driver”.

6. Ketika tab baru muncul dengan tulisan “How do you want to search for driver?” langsung saja pilih “Search automatically for drivers” jika Anda ingin Windows mencari driver yang sesuai secara online 

7. Tunggu hingga proses pembaruan selesai dan ulangi pada hardware yang Anda ingin gunakan.

Begitu mudah bukan install driver komputer? Anda bisa langsung menerapkan langkah-langkahnya untuk menginstal hardware komputer Anda agar dapat digunakan dengan baik.

Proses instalasi driver hardware akan memakan waktu yang lama, jadi Anda harus punya tingkat kesabaran yang tinggi yaa.

Baca juga: Laptop Tidak Bisa Mengisi Daya! Begini Tips Mengatasinya!

Tidak Perlu Khawatir untuk Instalasi PC cukup Sewa Laptop di Graha Karya Informasi Anda Akan Mendapatkan Semuanya

Graha Karya Informasi adalah Perusahaan yang menyediakan penyewaan laptop atau PC sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Tidak perlu khawatir dengan instalasi drivernya, kami akan memastikan bahwa proses instalasi hardware dilakukan dengan cermat dan teliti untuk memastikan bahwa setiap perangkat keras dapat berjalan optimal sesuai kebutuhan dan tujuan yang ditetapkan.

So, buat bisnis Anda yang ingin bekerja menggunakan PC atau laptop tanpa perlu memikirkan instalasinya dan bisa langsung siap menggunakan perangkatnya. Yuk, langsung hubungi Kami di:

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 30066518

Klik di sini untuk menemukan berbagai artikel lainnya!