Laptop Tidak Bisa Mengisi Daya? Begini Tips Mengatasinya!

Pernahkah tiba-tiba Anda mendapatkan notif yang isinya “Your battery is running low” saat mengerjakan tugas atau pekerjaan? Tentu itu bukan masalah besar, Anda hanya perlu mengisi kembali daya laptop Anda.

Yang menjadi masalah ketika Anda sudah men-charge ternyata laptop tidak dapat mengisi baterai dan muncul tulisan “Plugged in Not Charging”.

Ada beberapa penyebab kenapa hal tersebut dapat terjadi, antara lain menurunnya kapasitas baterai, adanya masalah pada charger laptop atau bahkan adanya masalah pada software laptop Anda.

Nah, di artikel ini akan dibahas bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak bisa mengisi daya. Yuk, temukan jawabannya disini!

Penyebab Laptop Tidak Bisa mengisi Daya

1. Baterai Rusak

Penyebab umum laptop tidak dapat di charge adalah baterai yang rusak. Ini biasanya terjadi pada baterai yang sudah tua atau mengalami masalah pada bagian internal laptop.

Jika sudah mengalami kondisi yang begini, baterai laptop tidak akan terisi sama sekali.

2. Kabel Pengisi Daya Rusak

Kabel pengisi daya yang rusak dapat mengganggu aliran daya listrik ke laptop dan mengakibatkan laptop tidak bisa di charge

Ada beberapa tanda jika kabel pengisi daya Anda rusak, diantaranya retakan atau kerusakan fisik pada kabel, terdapat bagian kabel yang terkelupas atau terbuka, atau jika kabel terlipat atau tertekuk.

3. Port Pengisian Daya Rusak atau Kotor

Port pengisian daya adalah lubang di laptop yang digunakan untuk menghubungkan kabel charger agar baterai dapat diisi ulang. Lubang pengisian baterai dapat kotor, berdebu dan rusak jika sering digunakan.

Hal ini akan mengganggu aliran daya yang masuk ke baterai dan menyebabkan laptop tidak dapat mengisi daya dengan baik.

4. Adaptor Daya Laptop Bermasalah

Adaptor daya adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan laptop ke sumber listrik. Jika adaptor daya Anda mengalami masalah, misalnya ada kabel bagian dalamnya rusak, maka laptop tidak akan bisa mengisi dengan normal.

5. Mengalami Masalah Pada Perangkat Lunak

Penyebab laptop mengalami “plugged in not charging” kemungkinan adanya pihak ketiga yang mempengaruhi settingan atau pengaturan laptop. 

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Mengisi Daya

1. Periksa Koneksi Adaptor dan Kabel Pengisi Daya

Periksa Koneksi Adaptor dan Kabel Pengisi Daya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa koneksi antara adaptor daya, kabel pengisi daya, dan port pengisian daya pada laptop. Pastikan semuanya terhubung ke stop kontak dengan baik dan benar.

Jika masih tidak menyala, coba gunakan stopkontak lain untuk mengetes aliran listriknya.

Apabila baterai masih tetap tidak terisi, coba kembali periksa setiap sambungan kabel yang mungkin kendur karena tersandung atau sering dilepaskan secara berkala.

2. Menggunakan Kabel Pengisi Daya yang Asli

Menggunakan Kabel Pengisi Daya yang Asli

Kabel pengisi daya yang tidak asli mungkin tidak kompatibel dan bisa menyebabkan masalah. Menggunakan pengisi daya yang palsu bisa jadi memiliki watt yang berbeda sehingga membuat baterai laptop lambat terisi bahkan tidak dapat bekerja sama sekali.

Pastikan selalu menggunakan kabel pengisi daya asli yang sesuai merk dan tipe laptop Anda. Beberapa laptop terbaru dilengkapi dengan port pengisian daya tipe USB-C. Jika lubang pengisi baterainya tidak berfungsi, maka cobalah lubang USB-C yang lain.

3. Membersihkan Port Pengisian Daya

Membersihkan Port Pengisian Daya

Jika port pengisian daya terlihat kotor dan berdebu, bersihkan menggunakan kain lembut atau kapas dengan hati-hati. Pastikan port bersih sebelum mencoba mengisi daya lagi.

Lebih lanjut, pastikan bata adaptor tidak menjuntai ke bawah sehingga dapat membuat lubang pengisian daya menjadi longgar dan mudah rusak.

 Jika terdapat bagian baterai yang sudah menggelembung atau tercium bau bakar saat melakukan pengisian daya maka disarankan untuk segera menghentikan pengisian daya.

4. Menutup Aplikasi yang Digunakan

Menutup Aplikasi yang Digunakan

Salah satu penyebab kenapa laptop cepat panas, bisa jadi Anda membuka banyak aplikasi saat melakukan pekerjaan. Akibatnya, laptop tidak dapat mengisi daya dengan cepat karena daya digunakan oleh kipas untuk mendinginkan perangkat.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya:

1. Tekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager

2. Selanjutkan, klik “More details” dan masuk ke menu “Processes” 

3. Anda akan melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan dan memakan resource yang banyak.

Jika kemungkinan hal tersebut menjadi akar masalah, segeralah tutup aplikasi yang tidak digunakan atau Anda bisa mematikan laptop beberapa waktu untuk mendinginkan laptop.

5. Melepaskan Baterai

Melepaskan Baterai

Ikuti Langkah-langkah berikut untuk mengecek kondisi baterai Anda:

1. Matikan laptop

2. Lepaskan baterai laptop jika baterai laptop Anda bisa dicopot

3. Kemudian charger laptop Anda tanpa baterai

4. Hidupkan Laptop

5. Jika laptop menyala, kemungkinan baterai laptop anda rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Anda bisa membersihkan setiap bagian kompartemen baterai lalu memasangnya kembali. Namun, jika tetap tidak menyala, baterai laptop Anda harus diganti.

Ketika keadaan mendesak, Anda dapat menggunakan laptop tanpa baterai dengan mencolokankannya langsung ke stop kontak. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka akan membuat laptop Anda cepat rusak dan tidak dapat digunakan sama sekali.

6. Mengubah Opsi Pengisian Daya di Laptop

Mengubah Opsi Pengisian Daya di Laptop

Melansir dari Make Use Off, masalah perangkat lunak juga bisa menyebabkan baterai laptop Anda lambat terisi, misalnya apakah Anda pernah mengalami baterai laptop hanya terisi sampai 50% atau kurang? 

Maka, solusinya adalah mengubah setting-an menjadi 100% atau default dengan mengikuti Langkah-langkah berikuti ini:

1. Klik menu “Setting” lewat “Start”

2. Kemudian pilih menu “System”

3. Selanjutnya dibagian tab sebelah kiri pilih “Power and Sleep”. Kemudian, klik “Additional power settings”.

4. Klik “Change plan settings”

5. Anda bisa mengubah secara manual dengan “Change advanced power settings” atau mengubah langsung ke default dengan “Restore default settings for this plan”

6. Selesai

Memiliki laptop yang tidak bisa mengisi daya memang menjadi masalah yang dapat mengganggu produktivitas. Namun, dengan memahami penyebab umum dan mengikuti tips yang telah diberikan, Anda dapat mengatasi masalah pengisian daya dengan mudah.

Selain itu, merawat baterai laptop dengan baik juga penting untuk menjaga kinerja laptop agar tetap optimal dan memperpanjang usia baterai.

Baca juga: 7 Tips Memperpanjang Umur Baterai Laptop Agar Tetap Optimal

Dapatkan Laptop Sesuai Kebutuhan Anda Dengan Sewa Laptop Terbaik di Graha Karya Informasi

Umumnya masalah yang terjadi, seperti rusaknya fan, erornya hardisk, erornya keyboard, sampai dengan rusaknya baterai menjadi hal yang harus kita tanggung saat memiliki laptop terutama bagi Anda yang memiliki bisnis. Tentunya, akan banyak biaya perawatan dan perbaikan yang harus dikeluarkan.

Tapi, hal tersebut bisa diminimalisir dengan menyewa laptop di Graha Karya Informasi. Anda tidak perlu khawatir dengan masalah laptop selama masa sewa, Kami akan bertanggung jawab untuk memperbaikinya atau menggantikannya sehingga tidak perlu repot memikirkan perawatan dan pemeliharaan laptop. 

Sewa laptop menjadi solusi yang efisien untuk memenuhi kebutuhan teknologi Anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membelinya. 

Jika Anda membutuhkan laptop untuk jangka waktu tertentu atau ingin mencari model laptop yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, layanan sewa laptop Graha Karya Informasi bisa menjadi pilihan yang tepat dan menguntungkan.

Yuk, Segera sewa laptop sesuai kebutuhan Anda dan tingkatkan produktivitas Anda sekarang!

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 51000082

Yuk, lihat informasi lain dengan baca artikelnya disini!