Laptop vs Desktop : Mana yang Terbaik Antara Performa dan Portabilitasnya?

Laptop vs desktop? Mana yang paling baik? 

Berbicara mengenai mana yang paling baik antara laptop dan desktop pastinya menimbulkan perdebatan bagi banyak orang karena mereka memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Disamping itu, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai informasi laptop vs desktop untuk membantu kamu mengambil keputusan mana yang lebih cocok untuk kebutuhanmu.

Yuk, simak artikel berikut ini!

Kelebihan Laptop

1. Portabilitas

Ukuran laptop yang portable dan gampang diletakkan ke dalam ransel atau tas laptop membantu kamu untuk membawa laptop ke suatu tempat ke tempat lainnya. Laptop adalah pilihan terbaik buat kamu yang sering bepergian.

geeksforgeeks mengatakan bahwa “Keunggulan utama laptop dibandingkan dengan desktop adalah mobilitasnya. Ukurannya yang ringan dan ringkas dengan baterai bawaan laptop memungkinkannya berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya”

2. Konektivitas yang mudah

Ketika kamu Work From Anywhere atau work from café yang memiliki wi-fi, maka laptop akan membantu kamu untuk terhubung ke internet sehingga kamu dapat bekerja tanpa perlu merasa khawatir.

Baca Juga : Pentingnya maintenance perangkat komputer (Hardware dan Software) secara berkala

3. Tidak perlu melakukan perakitan

Ketika kamu membeli laptop, kamu tidak perlu repot-repot untuk merakitnya. Hanya perlu mengeluarkannya dari kotak dan menekan tombol power, laptop kamu siap untuk digunakan tanpa baterai yang tidak harus dicolokan ke listrik.

4. Menggunakan daya listrik yang cukup sedikit

Daya listrik laptop lebih sedikit dibandingkan dengan desktop karena laptop memiliki komponen yang kecil. Pada saat terjadinya pemadaman listrik, kamu tidak perlu khawatir karena pekerjaan kamu tidak akan hilang. Hal ini terjadi karena laptop memiliki baterai yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kekurangan Laptop

1. Biaya yang relatif tinggi

Jika kamu menginginkan untuk memiliki laptop dengan spesifikasi yang tinggi seperti ruang penyimpanan yang besar, kecepatan yang tinggi, VGA yang bagus, dll maka kamu harus menyiapkan biaya yang cukup besar.

2. Sulit untuk di customize

Berbeda dengan desktop, laptop sulit untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan kamu. Laptop hanya memberikan akses ke memori komputer dan disk drive, komponen lain seperti processor, VGA, heat sink tidak bisa diganti dan tidak mudah diakses. Jadi, ketika salah satu komponen ada yang mau diganti atau rusak, maka kamu harus membeli laptop baru.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Laptop untuk Kebutuhan Bisnis Kamu

3. Kurang aman

Salah satu kelebihan dari laptop adalah portable, tetapi hal ini juga bisa menimbulkan kekurangan. Kemudahannya dibawa kemana saja bisa jadi bumerang jika kamu yang tipikal orang yang lalai dalam menjaga barang. Laptop bisa saja dicuri karena kelalaian kamu dan pencuri dapat menyalahgunakan data bisnis atau data pribadi untuk hal yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, sangat penting perlindungan fisik dan pengamanan laptop kamu.

Kelebihan desktop

1. Harga yang terjangkau

Desktop memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan laptop. Apalagi jika kamu memiliki budget yang terbatas. Tetapi akan terasa mahal jika kamu membeli komponen dan peripheral yang dengan spesifikasi tinggi terutama untuk gaming.

2. Lebih mudah untuk upgrade

Salah satu kelebihan desktop dibandingkan dengan laptop adalah kemudahan untuk melakukan upgrade terhadap komponen yang digunakan. Komponen laptop yang dikemas satu sama lain akan lebih sulit untuk dibongkar. Berbeda halnya dengan desktop yang dirancang sedemikian rupa sehingga tersedia ruang untuk kamu yang ingin mengupgrade komponen desktop karena komponenya mudah dilepas.

makeuseof.com juga menambahkan bahwa : Jika kamu memilih desktop maka kamu dapat merancangnya sendiri dengan spesifikasi yang tinggi sesuai dengan kebutuhan kamu

3. Memiliki ukuran layar yang lebih besar

Dalam ukuran layar, laptop tidak dapat bersaing dengan desktop. Biasanya desktop memiliki ukuran mulai dari 20 inci dan kebanyakan desktop sekarang memiliki layar yang jauh lebih besar.

Kekurangan Desktop

1. Memerlukan space yang besar

Untuk menggunakan desktop, memerlukan meja khusus yang dapat menampung desktop kamu. Bahkan kamu juga perlu menyediakan ruang khusus untuk meletakan meja tersebut. Sebagian orang akan lebih memilih laptop yang lebih ringkas dan tidak memerlukan ruang yang besar.

2. Daya listrik yang cukup besar

Saat menggunakan desktop maka kamu harus bersiap dengan daya listrik yang cukup besar. Yang perlu diperhatikan juga adalah jika terjadi pemadaman listrik. Desktop memerlukan UPS (Uninterruptible Power Supply) untuk dapat terus bekerja ketika terjadi pemadaman listrik.

Laptop vs Desktop : Performa

Dalam hal pekerjaan desktop memiliki keunggulan dari laptop. Desktop beroperasi dengan kekuatan penuh sehingga kamu memiliki keuntungan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan rendering, CAD, pemodelan 3D, pengeditan video, database, dll. Sebagian laptop tidak dapat melakukan pekerjaan tersebut. Tetapi jika kamu termasuk orang yang mengutamakan portabilitas maka laptop adalah pilihan yang tepat.

Laptop vs Desktop : Portabilitas 

Untuk portabilitas, laptop adalah pemenangnya. Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa laptop lebih ringkas dan portable untuk dibawa kemana-mana dibandingkan dengan desktop yang memerlukan space yang cukup besar. Dengan laptop kamu bisa melakukan pekerjaan baik itu di café, perpustakaan, atau ditempat lainnya.

Rekomendasi komputer untuk berbagai jenis pekerjaan:

Melansir dari akshatblog.com, berikut rekomendasi komputer yang cocok untuk berbagai jenis pekerjaan:

1. Untuk pekerjaan sehari-hari : PC atau laptop

2. Untuk bisnis : PC untuk di kantor dan laptop untuk pekerjaan diluar kantor

3. Untuk pekerjaan profesional : disarankan untuk menggunakan PC tetapi jika ingin menggunakan laptop, gunakanlah laptop yang memiliki spesifikasi yang tinggi

4. Untuk gaming : PC

Laptop vs Desktop : Yang Mana Harus Kamu Pilih?

Dari informasi diatas, kita tahu bahwa laptop dan desktop memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pilih device yang sesuai dengan kebutuhan kamu, yang dapat memperlancar dan mempermudah pekerjaan kamu ya.

Nah, sekarang kamu sudah tau nih mana device yang kamu butuhin. Buat kamu yang ingin sewa laptop buat kebutuhan bisnis kamu, kamu bisa hubungi kontak dibawah ini: 

Yuk, baca artikel lainnya disini sekarang juga!!