7 Tips Memperpanjang Umur Baterai Laptop Agar Tetap Optimal

Anda yang sudah memiliki Laptop, apakah sudah tau cara merawat baterai laptopnya dengan baik? Terutama menjaga baterai laptop agar tidak cepat rusak dan awet? Jika jawabannya belum, hal tersebut dapat berdampak buruk lho bagi laptop Anda, seperti penurunan daya tahan atau performa yang menurun.

Laptop yang Anda miliki sekarang harus dirawat dengan tepat agar tahan lama. Sebab, merawat laptop dengan cara yang tepat dapat menjaga kondisi baterai laptop untuk tetap ideal saat digunakan.

Meski, sekarang Anda sudah bisa menggunakan fitur hemat baterai. Namun, tetap ada batasan untuk Anda menggunakan laptop tanpa harus menghubungan laptop Anda dengan adaptor charger secara terus menerus selama pemakaian.

Nah, di artikel ini akan dibahas cara memperpanjang umur baterai laptop agar tetap bekerja secara optimal! Yuk, disimak.

1. Mengapa Merawat Baterai Laptop Itu Penting?

Cara Merawat Baterai Laptop dengan Tepat

Baterai laptop adalah sumber daya utama ketika menggunakan laptop. Merawat baterai laptop dengan baik dapat membantu memperpanjang usia baterai dan menjaga kinerja laptop tetap optimal.

Selain itu, baterai laptop yang terawat dengan baik akan mengurangi risiko masalah baterai yang dapat mengganggu produktivitas Anda.

2. Cara Memperpanjang Umur Baterai Laptop

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

1. Menjaga Suhu Laptop

Penggunaan laptop yang lama, misalnya ketika digunakan untuk mengerjakan pekerjaan, tugas, menonton film, browsing, dan bahkan bermain game dapat meningkatkan suhu laptop.

Hal ini semakin diperparah ketika Anda menepatkan laptop di suhu yang tinggi dan tidak menggunakan kipas laptop yang membantu untuk mendinginkan suhunya.

Pastikan laptop Anda ditempatkan di area yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan hindari penggunaan laptop di permukaan yang tidak rata seperti bantal, kasur, dan lainnya yang dapat menyebabkan laptop panas dan jangan lupa untuk menggunakan kipas laptop supaya baterai laptop tetap awet.

2. Menghindari Overcharging

Overcharging atau terlalu lama men-charge laptop setelah mencapai 100% dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan kualitas baterai.

Lepaskan charge setelah baterai terisi 100% atau mengatur fitur pengaturan daya untuk menghentikan secara otomatis ketika mencapai 100%.

3. Menghindari Penggunaan Laptop saat Pengisian daya

Menggunakan laptop ketika sedang di charge dapat membuat kualitas baterai menjadi tidak awet bahkan cepat rusak.

Ada baiknya untuk mematikan laptop ketika pengisian daya sedang berlangsung agar baterai cepat penuh dan tidak mudah rusak karena tidak adanya aktivitas yang memberati laptop.

4. Menggunakan Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Pernah kah Anda membuka banyak jendela aplikasi dalam satu waktu? Ternyata itu salah lho. Sebab, bisa membuat laptop bekerja lebih keras dan daya baterai akan cepat habis.

Tutup jendela aplikasi yang tidak Anda gunakan supaya daya baterainya tidak boros.

5. Menggunakan Mode Hemat Daya

Bagi pengguna Windows, Anda bisa mengaktifkan fitur mode battery saver atau fitur mode hemat daya atau baterai. Caranya cukup mudah.

- Klik icon battery yang ada di pojok kanan bawah taskbar

- Kemudian klik “Battery Setting”

- Selanjutnya geser toggle “Battery Saver” menjadi ON.

6. Memerhatikan Waktu Pemakaian

Untuk merawat agar baterai laptop tetap awet Anda perlu memerhatikan waktu pemakaiannya. Jika Anda merasa laptop sudah mengalami kondisi panas dan Anda sudah menggunakannya selama berjam-jam, maka perlu untuk mengistirahatkan laptop beberapa waktu sebelum digunakan Kembali.

7. Menyesuaikan Kecerahan Laptop

Aturlah kecerahan laptop Anda dengan mode best-battery life atau dengan mode penerangan rendah. Kecerahan laptop yang rendah bukan hanya bagus untuk baterai laptop Anda, tetapi juga untuk menjad Mata Anda dari paparan cahaya yang lama.

Merawat baterai laptop adalah langkah penting untuk merawat baterai laptop Anda agar memiliki umur yang panjang dan Anda tetap bisa bekerja secara optimal.

Dengan mengikuti cara ini, Anda dapat memaksimalkan masa pakai baterai laptop Anda dan menghindari masalah yang sering terjadi pada baterai.

Lakukan Perawatan Laptop Anda dengan Jasa IT Graha Karya Informasi

Perawatan laptop yan rutin dan tepat sangat penting untuk menjaga kinerja dan umur baterai laptop. Dengan melakukan perawatan yang baik, seperti membersihkan kipas pendingin secara berkala, mengatur kecerahan layar, dan menjaga laptop tetap bebas dari debu dan kotoran.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan baterai laptop dengan bijaksana dan menghindari overcharging agar baterai tetap awet dan tahan lama.

Dengan perawatan yang tepat, laptop Anda akan tetap berfungsi dengan baik dan dapat mendukung aktivitas sehari-hari Anda dengan lancar.

Sebagai penyedia Jasa IT terbaik, Graha Karya Informasi tentunya memberikan layanan perawatan laptop terbaik dan selalu memastikan laptop Anda berfungsi dengan sempurna.

Jangan biarkan masalah teknis mengganggu produktivitas Anda, Hubungi Graha Karya Informasi sekarang dan nikmati Layanan IT terbaik untuk Anda!

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 51000082