5 Rekomendasi Sertifikasi AWS Untuk Pemula dan Profesional yang Wajib Dimiliki

Sebagai seorang yang berprofesi di dunia Cloud Computing tidak ada alasan untuk Anda tidak mengambil sertifikasi IT. Salah satunya adalah Sertifikasi AWS.

Pada era digital yang semakin berkembang, Amazon Web Services telah menjadi salah satu pemeran utama dalam industry komputasi awan.

Tak sedikit perusahaan-perusahaan di dunia mengandalkan layanan ini untuk menyimpan data, mengelola aplikasi, dan mengamankan infrastruktur mereka.

Dengan popularitasnya yang semakin meningkat, sertifikasi AWS telah menjadi semakin penting bagi para profesional IT.

Nah, untuk tahu lebih lanjut apa saja sertifikasinya. Yuk, baca selengkapnya di sini. 

1. AWS Certified Solution Architect – Associate

Salah satu sertifikasi yang paling populer, relevan, dan paling dicari di industri saat ini. 

Sertifikasi ini sangat cocok digunakan bagi Anda pemula yang mau mempelajari prinsip dan konsep dasar dalam arsitektur solusi di AWS.

Untuk memperoleh sertifikat ini, Anda diharuskan untuk lulus ujian AWS Certified Solution Architect – Associate yang mencakup berbagai topik seperti desain arsitektur cloud, keamanan, skalabilitas, kinerja, dan biaya.

2. AWS Certified Developer – Associate

Sertifikasi yang didisain bagi Anda para pengembang yang ingin mendalami konsep dasar dan memperoleh pemahaman tentang bagaimana cara mengembangkan aplikasi di lingkungan AWS.

Selain itu, akan diuji juga keterampilan Anda dalam mengembangkan, menerapkan, dan mengelola aplikasi yang efisien dan skalabel.

Adapun topik yang diujikan untuk mendapatkan sertifikasi AWS Certified Developer – Associate seperti, pemrograman, penggunaan layanan komputasi awan, manajemen data, dan keamanan.

Sertifikasi ini merupakan pilihan yang baik bagi Anda para pemula pengembang perangkat lunak dan profesional IT yang ingin mengembangkan aplikasi di platform AWS.

Baca juga: 7+ Sertifikasi Network Engineer Paling Populer Yang Harus Dimiliki

3. AWS Certified SysOps Administrator – Associate

Sertifikasi AWS ini akan diberikan kepada Anda yang telah berhasil menguasai pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola dan menjaga infrastruktur cloud computing di platform AWS.

Lalu, sertifikasi ini ditunjukan bagi Anda yang memiliki pemahaman tentang operasi dan administrasi sistem untuk menjaga kinerja, keamanan, dan ketersedian aplikasi dan layanan di AWS.

Nah, untuk materi dalam ujian AWS Certified SysOps Administrator – Associate seperti pengelolaan infrastruktur, pemantauan kinerja, manajemen keamanan, dan otomatisasi tugas-tugas operasional.

Ini sangat cocok untuk Anda yang baru saja memulai mengambil tanggung jawab atas operasi harian dan pemeliharaan sistem di lingkungan AWS.

4. AWS Certified Solutions Architect – Professional

Sertifikasi lanjutan yang diberikan oleh Amazon Web Services (AWS) kepada Anda yang berhasil menguasai pengetahuan dan keterampilan tingkat lanjut dalam merancang solusi cloud yang kompleks di platform AWS.

Sertifikat ini menunjukan kemampuan para profesional IT dalam merancanakan, mengembangkan, dan mengelola infrastruktur AWS yang rumit, dan dapat mengintegrasikan beragam layanan AWS.

Lebih lanjut, topik-topik yang tersedia dalam ujian AWS Certified Solutions Architect – Professional yaitu, desain arsitektur yang kompleks, keamanan, pengoptimalan kinerja, manajemen biaya, dan bisnis lanjutan.

5. AWS Certified DevOps Engineer – Professional

Sertifikasi yang dirancang untuk Anda sebagai profesional IT yang mau mempelajari bagaimana cara mengintegrasikan praktik untuk mengembangkan dan mengelola operasi yang berkaitan dengan AWS.

Tentunya, ini akan mengevaluasi keterampilan Anda dalam mengelola dan memantau sistem AWS, sekaligus mengintegrasikan praktik DevOps guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi pengembangan aplikasi.

Pelu diingat bahwa materi yang terdapat AWS Certified DevOps Engineer – Professional berupa otomatisasi, manajemen konfigurasi, pemantauan, dan integrasi berkelanjutan atau penyimpaian berkelanjutan (CI/CD).

Nah, itulah lima sertifikasi AWS yang MinKi rekomendasiin buat Anda miliki sebagai seseorang yang berprofesi dalam bidang cloud computing.

Dalam dunia yang semakin bergantung pada komputasi awan, sertifikasi IT dapat membuka pintu kesempatan karier yang besar.

Pilihlah sertifikasi yang paling sesuai dengan minat dan tujuan Anda

Baca juga: 5 Sertifikasi Google Cloud yang Relevan Bagi Profesional IT

Tetap Tenang di Era Gempuran Teknologi Dengan Memperoleh Sertifikasi IT

Di era yang dipenuhi dengan gempuran teknologi seperti sekarang ini, memiliki sertifikasi dalam bidang teknologi informasi (TI) dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk tetap tenang dan relevan.

Sertifikasi IT tidak hanya menunjukan kompetensi dan keahlian seseorang dalam teknologi, tetapi juga memberikan kepercayaan diri dalam menghadapi perubahan yang cepat dalam dunia IT.

Selain itu, dengan memiliki sertifikasi IT, Anda dapat membuktikan kemampuan kepada klien atau HRD sehingga meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau proyek.

Dengan demikian, sertifikasi IT dapat membuka pintu untuk peluang pekerjaan yang lebih baik dan gaji yang lebih tinggi.

Wah, pas banget nihh. Graha Karya Informasi sebagai Perusahaan yang bermitra dengan Amazon Web Services (AWS) memberikan peluang bagi Anda untuk mengambil sertifikasi IT di tempat kami.

Tentunya dengan berbagai manfaat yang bakal Anda dapatkan, seperti: lokasi yang strategis, ruangan yang nyaman dan masih banyak lagi.

Untuk harga sertifikasi AWS pastinya berbeda-beda dalam setiap jenisnya sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda ya.

Yuk, untuk lebih jelasnya bisa hubungi Graha Karya Informasi melalui kontak dibawah ini:

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 30066518

Nah, selain penjelasan di atas, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi lainnya seputar tips dan trik dunia teknologi.

Jadi, mau nunggu apa lagi? Yuk, langsung baca kumpulan artikel lainnya sekarang juga!