Alasan Dibalik Favoritnya Sertifikasi IT di Kalangan Profesional IT

Terdapat banyak pekerjaan khususnya profesi IT yang mencantumkan sertifikasi dalam persyaratan melamar pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa memiliki sertifikasi IT  tentunya mempermudah kamu mempertahankan pekerjaan atau bahkan bisa menjadi peluang untuk meningkatkan karier ke jenjang yang lebih tinggi.

Btw, sertifikasi IT adalah tolak ukur seseorang dalam menguasai keahlian khusus di bidang IT yang didasari oleh pengujian, pengetahuan dll.

Peserta Training Microsoft Azure Fundamentals

Tetapi untuk mendapatkan sertifikasi IT tentunya menghabiskan waktu dan biaya yang cukup besar. Maka dari itu banyak orang yang berpikir bahwa apa sih manfaatnya jika mendapatkan sertifikasi IT untuk pekerjaan? Apakah hanya sekedar lembaran kertas yang menjadi hiasan dinding atau soft file yang hanya menjadi pemanis di platform lowongan pekerjaan?

Apa alasan para profesional IT begitu ingin memiliki sertifikasi IT?

Yuk simak penjelasan GKI berikut ini!

1.       Sertifikasi membuat CV kamu menarik di mata HRD

Sulitnya mendapatkan pekerjaan dibidang IT saat ini, membuat para pencari kerja berlomba-lomba agar CV mereka menarik di mata HRD. Salah satu caranya adalah dengan menunjukkan sertifikasi IT yang dimiliki oleh kandidat. Beberapa perusahaan baik swasta maupun milik pemerintah akan mengutamakan kandidat yang telah bersertifikasi, jadi akan terasa sulit bagi kandidat yang belum memiliki sertifikasi IT.

Dengan adanya sertifikasi IT akan membuat CV kamu menjadi menarik bahkan memberi peluang bagi kamu untuk lolos dalam tahap berikutnya.

2.       Batu loncatan untuk jenjang karier yang lebih tinggi

Kamu berkeinginan untuk dipromosikan ke jenjang karier yang lebih tinggi dan bahkan mendapatkan gaji yang besar? Tentunya kamu perlu menginvestasikan dirimu dengan meningkatkan skill yang kamu miliki saat ini atau bahkan mempelajari teknologi baru.

Manajemen akan melihat keseriusan dan ambisi kamu dalam meniti karier jika kamu berhasil memperoleh sertifikasi IT karena cara tersebut merupakan salah satu penilaian untuk kamu bisa satu langkah lebih maju dari karier kamu sebelumnya. 

Baca juga : Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Dalam Dunia Kerja

3.       Income yang lebih besar dari rekan kerja yang belum bersertifikasi

“IT Profesional yang memiliki sertifikasi IT memperoleh gaji 8% lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak bersertifikasi” – Skillsoft Global Knowledge. Gaji tersebut didapat baik bagi karyawan yang sudah memiliki pengalaman atau pun baru memulai pekerjaan dan akan selalu mengalami peningkatan atau kenaikan gaji. Menurut BLS, gaji rata-rata Profesional IT tahun 2021 adalah $99.860 kemudian pada tahun 2022 mengalami peningkatan sebesar 6.9% atau bahkan menghasilkan gaji lebih dari $100k/tahun.

Hal tersebut menunjukan bahwa sertifikasi IT adalah salah satu cara yang cukup bagus jika kamu ingin mendapatkan income yang lebih besar dari rekan kerja kamu.

  
 
Pelaksanaan Training Microsoft Azure Fundamentals

4.       Melindungi kamu dari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

Sertifikasi IT akan melindungi kamu dari adanya proses PHK karena perusahaan tentunya akan mempertahankan karyawan yang telah bersertifikasi IT dibanding mereka yang belum bersertifikat. Nyatanya, di masa sekarang perusahaan akan terus gencar untuk meningkatkan kualitas teknologi informasinya. Untuk itu, keputusan kamu untuk memiliki sertifikasi IT tepat untuk dilakukan.

Jika pun berakhir dengan PHK, maka kamu tidak perlu khawatir karena banyak perusahaan lain yang ingin mempekerjakan kamu yang memiliki keahlian dan keterampilan IT. Intinya, sertifikasi IT pastinya akan membantu kamu dalam bekerja.

Baca juga : Memahami Arti, Alasan, dan Cara Memperoleh Sertifikat CCNA

5.       Selalu Up to date dengan teknologi Baru

Kecepatan perkembangan teknologi yang begitu cepat mengharuskan kamu untuk mempelajari keterampilan baru, beradaptasi dengan perubahan teknologi, dan tentunya meningkatkan skill IT yang kamu miliki. Dengan adanya sertifikasi IT kamu bisa up to date dengan kehadiran teknologi baru dan membantu kamu untuk menempuh semuanya dengan terus berpikir kritis mengenai masalah IT yang sangat luas.

Sertifikasi IT itu aset yang sangat berharga bagi profesional IT. Dengan sertifikasi mereka bisa mempertahankan pekerjaannya, meningkatkan keterampilannya bahkan bisa menaikan status pekerjaanya.

Kamu juga bisa dipandang oleh manajemen bahwa kamu serius dalam dalam meniti karir IT. Jadi, bagi kamu yang ingin meningkatkan prospek karier, mengikuti sertifikasi IT adalah jawabannya

Kamu juga bisa menemukan artikel mengenai info mengenai manfaat dari Training  IT, Jasa IT dari Graha Karya Informasi.

Yesss, tunggu apalagi? Ayo temukan artikel yang kamu butuhkan disini!!