7+ Sertifikasi Network Engineer Paling Populer Yang Harus Dimiliki

Sertifikasi Network Engineer Yang Harus Kamu Miliki

Seiring perkembangan teknologi, Anda harus membuktikan bahwa Anda memiliki skill yang luar biasa. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mendapatkan sertifikasi IT.

Sertifikasi IT adalah kualifikasi yang menunjukan bahwa Anda memiliki kompetensi di bidang IT. Sebenarnya, sertifikasi bukan cara satu-satunya untuk mendapatkan pekerjaan dibidang IT. Namun, memiliki sertifikasi yang tepat dapat menguntungkan karir Anda dalam banyak hal. Salah satunya mendapatkan sertifikasi Network Engineer.

Melansir dari Coursera, manfaat sertifikasi adalah Anda dapat bersaing di pasar kerja dan meningkatkan kinerja pekerjaan. 

Pada artikel ini akan dibahas 11 sertifikasi Network Engineer paling populer yang harus Anda miliki! Yuk, kita bahas

1. Wireshark Network Analyst

Wireshark Network Analyst adalah sertifikasi yang menilai kemampuan Anda dalam menggunakan perangkat lunak Wireshark untuk menganalisis jaringan komputer.

Untuk mendapatkan sertifikasi Wireshark Network Analyst, Anda harus mengikuti ujian yang mencakup berbagai materi dalam penggunaan Wireshark, prinsip-prinsip jaringan komputer sampai dengan pemahaman tentang protokol-protokol yang digunakan dalam jaringan.

Sertifikasi ini berlaku selama tiga tahun terhitung setelah Anda lulus ujian dan sangat bermanfaat bagi Anda untuk meningkatkan kredibilitas dan kompetensi di dunia professional IT dan jaringan.

2. CompTIA Network+

Selanjutnya rekomendasi sertifikasi Network Engineer terbaik yang harus Anda miliki adalah CompTIA Network+. Sertifikasi ini dirancang untuk mengukur kemampuan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam merencanakan, mengonfigurasi, dan mengelola jaringan komputer.

Anda yang akan mengikuti ujian sertifikasi ini akan diuji dalam berbagai aspek jaringan, termasuk instalasi perangkat keras jaringan, konfigurasi perangakat jaringan, manajemen jaringan, pemecahan masalah jaringan, keamanan jaringan dasar, serta memiliki pemahaman tentang protokol jaringan yang umum digunakan.

Sama halnya seperti Wireshark Network Analyst, sertifikasi ini berlaku selama tiga tahun sejak lulus ujian.

Baca juga: 5 Sertifikasi Google Cloud yang Relevan Bagi Profesional IT

3. AWS Certified Advanced Networking

Seorang Network Engineer pasti sudah tidak asing dengan sertifikasi ini. AWS Certified Advanced Networking adalah sertifikasi yang diberikan oleh Amazon Web Services (AWS) untuk mengukur keahlian Anda dalam merancang dan mengelola solusi jaringan di lingkungan AWS.

Ketika mengikuti ujian sertifikasi AWS Certified Advanced Networking, Anda akan diuji tentang berbagai aspek terkait desain jaringan di AWS, termasuk pengaturan dan pengelolaan jaringan yang aman, efisien dan pemahaman tentang berbagai layangan jaringan AWS.

Sertifikasi ini hanya bertahan selama tiga tahun dan Anda dapat memperbaruinya lagi dengan proses sertifikasi ulang.

4. Google Certified Professional Cloud Architect

Ini adalah sertifikasi yang diberikan oleh Google Cloud untuk mengukur kemampuan Anda dalam merancang serta mengimplementasikan solusi arsitektur cloud dengan menggunakan layanan Google Cloud Platform (GCP).

Untuk yang ingin mengambil sertifikasi ini, Anda harus memiliki pengetahuan dalam merancang solusi arsitektur cloud dalam memenuhi kebutuhan bisnis dengan menggunakan layanan GCP. 

Lebih lanjut, Anda juga harus memiliki pemahaman dalam berbagai layanan seperti komputasi, peyimpanan, basis data, jaringan, sampai dengan kemampuan mengoptimalkan kinerja dan biaya.

Untuk penggunaan sertifikasi ini hanya berlaku selama dua tahun.

5. Cisco Certified Network Assosiate

Berikutnya sertifikasi Network Engineer yang harus Anda miliki adalah Cisco Certified Network Assosiate. Sertifikasi ini diberikan oleh Cisco untuk mengukur kemampuan Anda dalam mengonfigurasi, mengelola, dan mengoperasikan jaringan komputer berbasis perangakt Cisco.

Dalam sertifikasi ini, Anda akan diuji tentang konsep jaringan, seperti instalasi perangkat keras jaringan, konfigurasi perangkat jaringan, routing, switching, keamanan, dan pemecahan masalah jaringan.

Demikian pula, untuk Anda yang memegang sertifikat ini hanya berlaku selama tiga tahun.

6. CompTIA Security+

Berikutnya adalah CompTIA Security+, sertifikasi ini mengukur kemampuan dan keterampilan Anda dalam bidang keamanan informasi dan keamanan jaringan.

Adapun materi yang akan diujikan adalah konsep-konsep dasar keamanan informasi, termasuk identifikasi dan pengelolaan risiko keamanan, enkripsi, identifikasi dan autentikasi pengguna, manajemen akses, keamanan jaringan, dan pemahaman tentang siber.

Jika Anda pemegang sertifikat ini, masa berlakunya hanya sampai tiga tahun.

7. VMware Certified Professional - Network Virtualization

Sertifikasi VMware Certified Professional - Network Virtualization adalah sertifikasi yang diberikan oleh VMware untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan Anda dalam mengelola dan merancang solusi virtualisasi jaringan.

Dalam sertifikasi ini, Anda akan diuji tentang pemahaman konsep jaringan virtual, kofigurasi jaringan virtual, implementasi keamanan jaringan, serta manajemen dan pemecahan jaringan virual dalam lingkungan VMware.

Perlu Anda ketahui bahwa sertifikasi ini hanya berlaku selama 2 tahun.

8. SolarWinds Certified Professional

Terakhir ada sertifikasi SolarWinds Certified Professional. Sertifikasi ini diberikan oleh perusahaan SolarWinds kepada Anda yang telah membuktikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan produk-produk perangkat lunak monitoring jaringan dan manajemen infrastruktur yang dibuat oleh SolarWinds.

Lalu, materi yang akan diujikan adalah pemahaman Anda terhadap penggunaan, konfigurasi, dan pemecahan masalah terkait produk-produk SolarWinds. Ini mencakup kemampuan untuk memantau kesehatan jaringan, menganalisi data perfoma, serta menerapakan solusi untuk mengatasi masalah.

Untuk yang memiliki sertifikat ini, Anda perlu memperbarui lagi setelah tiga tahun.

Nah, itulah beberapa sertifikasi Network Engineer yang populer dan harus Anda miliki sebagai profesional IT.

Sertifikasi-sertifikasi ini memperkuat pengetahuan dan memberikan rasa percaya diri dalam menghadapi tuntutan industry yang terus berkembang ini.

Lengkapi Skill Anda dengan Mengambil Sertifikasi IT di Graha Karya Informasi

Sebagai seorang professional dibidang jaringan terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai Network Engineer, memiliki sertifikasi IT menjadi langkah penting untuk membuka peluang karir yang lebih luas dan juga meningkatkan skill. 

Sertifikasi tidak hanya memperkuat keahlian, tetapi juga memberikan pengakuan industri terhadap kompetensi Anda lho.

Buat Anda yang lagi bingung dan bimbang mencari sertifikasi IT yang terbaik di Jakarta, nah sekarang tidak perlu ragu lagi. Graha Karya Informasi adalah solusinya. Kenapa? Karena disini Anda dapat dibimbing dalam proses pendaftaran ujiannya, serta tempat ujian yang nyaman dengan lokasi yang strategis.

Buruan ambil sertifikasinya dan rasakan manfaatnya. Hubungi Kami di:

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 51000082

Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar teknologi informasi dengan membaca artikel-artile di Graha Karya Informasi, lho

Yuk, klik disini dan temukan beragam artikel lainnya.