5 Sertifikasi Google Cloud yang Relevan Bagi Profesional IT

Di era digital yang terus berkembang, teknologi Cloud Computing menjadi salah satu pilar utama dalam infrastruktur teknologi informasi. Google Cloud Platform (GCP) telah menjadi salah satu penyedia layanan cloud terkemuka yang menawarkan berbagai layanan dan produk yang inovatif untuk mendukung berbagai kebutuhan bisnis.

Bagi para professional IT, memiliki sertifikasi Google Cloud adalah langkah strategis untuk mengasah keterampilan dan memperluas kesempatan berkarier di dunia teknologi. Kini mencari pekerjaan di bidang IT tidak hanya cukup bermodalkan pengalaman saja, karena di beberapa perusahaan meminta sertifikat IT sebagai bahan pertimbangan untuk merekrut calon karyawan.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki sertifikasi akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan gaji yang tinggi dan juga mendapatkan posisi yang lebih tinggi dibandingkan hanya bermodalkan ijazah saja.

Jika Anda adalah orang yang berprofesi di bidang IT khususnya Cloud Engineer dan ingin mengambil sertifikasi, maka di artikel ini kita akan membahas tentang 5 sertifikasi Google Cloud yang paling relevan bagi para professional IT.

Sertifikasi Google Cloud yang Relevan Bagi Profesional IT

1. Google Associate Cloud Engineer

Google Associate Cloud Engineer

Diperuntukan bagi professional IT yang ingin memahami dasar-dasar dari Google Cloud Platform seperti mengimplementasikan aplikasi, memantau jalannya operasi, dan mengelola solusi perusahaan. 

Ujian sertifikasi Google Associate Cloud Engineer mencakup bidang-bidang berikut:

- Menyiapakan set up cloud environment

- Merencanakan dan mengkonfigurasi solusi cloud

- Menerapkan solusi cloud tersebut

- Memastikan keberhasilan pengoperasian solusi cloud dengan baik

- Melakukan konfigurasi akses dan keamanan

Prasyarat sebelum mengikuti ujian Google Associate Cloud Engineer adalah: Memahami dasar tentang produk dan layanan Google Cloud Platform dan juga memahami dasar tentang konsep cloud, seperti virtual machies, containers, dan jaringan.

2. Google Professional Cloud Architect

Google Professional Cloud Architect

Ditunjukan bagi Anda yang berpengalaman dan bertanggung jawab untuk merancang solusi cloud yang kompleks di GCP. Anda yang memiliki sertifikasi ini akan membuktikan bahwa Anda memiliki keterampilan implementasi dan dapat mendesign secara professional. Anda yang ingin memiliki sertifikasi ini harus mempunyai pemahaman mendalam tentang layanan Google Cloud dan dapat merancang arsitektur cloud yang aman dan handal.

Ujian Google Professional Cloud Architect mencakup lima bidang berikut:

- Merancang dan merencanakan cloud solution architecture

- Mengelola dan menyediakan solution infrastructure

- Melakukan perancangan keamanan yang baik

- Menganalisa dan mengoptimalkan proses teknis dan bisnis.

- Memastikan solusi dan keandalan operasi berjalan dengan baik

Prasyarat yang diperlukan untuk mendapatkan sertifikasi Google Professional Cloud Architect adalah Anda harus memiliki pengetahuan umum tentang konsep IT.

Baca juga: 6 Sertifikasi Profesional IT dengan Gaji Tinggi Yang Menjanjikan di Tahun 2023

3. Google Professional Data Engineer

Google Professional Data Engineer

Difokuskan bagi Anda yang berkecimpung dalam bidang pengolahan data dan analitik yang dapat mengambil keputusan berdasarkan data dengan cara mengumpulkan, mengubah, dan mempublikasikan data. 

Secara khusus , ujian Google Professional Data Engineer meliputi bidang berikut:

- Merancang sistem pemrosesan data

- Membangun dan mengoperasikan sistem pemrosesan data dengan baik dan benar

- Mengoperasionalkan model machine learning

- Memastikan kualitas solusi dengan diimplementasi dengan benar.

Prasyarat yang diperlukan supaya Anda mendapatkan sertifikasi ini adalah menguasai pengetahuan tentang teknologi big data dan machine learning.

4. Google Professional Cloud Security Engineer

Google Professional Cloud Security Engineer

Ditargetkan bagi Anda yang sudah menguasai kemanan cloud, termasuk manajemen identitas dan akses, perlindungan data, proteksi keamanan jaringan dan lainnya. Anda yang memegang sertifikasi ini mampu merancang dan mengelola keamanan infrastruktur dan data di GCP, serta dapat melindungi aplikasi dari ancaman keamanan.

Ujian Google Cloud Security mencakup area berikut:

- Melakukan konfigurasi akses di lingkungan solusi cloud

- Mengkonfigurasi keamanan jaringan

- Memastikan perlindungan data.

Adapun prasyarat untuk memiliki sertifikasi ini adalah memiliki pemahaman dasar tentang konsep cloud seperti virtual machines, containers, dan jaringan.

5. Google Professional Cloud Developer

Google Professional Cloud Developer

Ditujukan bagi Anda ingin memperdalam keterampilan dalam mengembangkan aplikasi dan layanan di GCP. Anda yang memiliki sertifikasi ini tentunya sudah memiliki pemahaman mendalam tentang teknologi cloud native dan bisa mengintegrasikan layanan GCP ke dalam aplikasi yang ada.

Secara khusus, ujian Google Cloud Developer mencakup area berikut:

- Merancang aplikasi cloud-native yang andal

- Membangun dan menguji aplikasi

- Mengintegrasikan layanan Google Cloud

Untuk mendapatkan sertifikasi ini Anda perlu memiliki pengetahuan umum tentang arsitektur IT dan juga pengalaman mengembangan perangkat lunak.

Dengan berbagai sertifikasi yang ditawarkan ole Google Cloud, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi ahli dalam berbagai bidang, mulai dari arsitektur cloud hingga keamanan dan analitik data.

Anda yang memegang sertifikasi ini memiliki pemahaman mendalam tentang layanan dan produk Google Cloud, sehingga dapat membantu Perusahaan dalam merancang solusi IT yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan

Raih Impian Anda dan Ambil Sertifikasi IT di Graha Karya Informasi

Dunia cloud computing yang semakin maju, membuat para professional IT terpacu untuk terus meningkatkan kompetensi dan pengetahuan mereka. Salah satu cara yang efektif untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mendapatkan sertifkasi Google Cloud. 

Sertifikasi ini menawarkan banyak manfaat bagi Anda, seperti validasi kemampuan dan pengetahuan, meningkatkan kredibilitas, meningkatkan peluang karier, berpeluang mendapatkan gaji yang lebih tinggi, dan lain sebagainya.

Jika Anda tertarik untuk memiliki sertifikasinya, pas banget nihh karena Graha Karya Informasi adalah tempat pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin meningkatkan keterampilan. Bukan hanya sertifikasi Google Cloud, ada banyak sertifikasi IT yang dapat Anda pilih seperti Sertifikasi Cisco, Sertifikasi Microsoft, Sertifikasi AWS, dan lain sebagainya.

Jadi, tunggu apalagi? Tingkatkan keterampilan Anda dan ambil sertifikasinya hanya di:

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 51000082

Buat Anda yang ingin membaca artikel lainnya, bisa klik disini ya!