Memahami Arti, Alasan dan Cara Memperoleh Sertifikat CCNA

Di zaman sekarang, sertifikat keahlian dibidang tertentu sangat penting banget terutama bagi karier kita dengan tujuan sebagai pembuktian bahwa kita memang ahli dan dapat dipercaya pada bidang tersebut.

Berbicara mengenai sertifikat CCNA, bagi kamu yang ingin berkarier di bidang IT khususnya jaringan, CCNA bisa menjadi opsi yang paling berpotensi untuk membangun karier dan keahlian kamu.  Sertifikat CCNA adalah sertifikat yang sangat penting bagi seorang network engineer. Dengan adanya bukti sertifikat ini menandakan bahwa orang tersebut lulus dari beberapa tahap yang diujikan dan telah berkompeten atau ahli di bidang tersebut.

Yuk mari kita kupas tuntas tentang apa itu sertifikat CCNA. Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Apa itu sertifikat CCNA

CCNA adalah singkatan dari Cisco Certification Network Associate. Sebuah program sertifikasi di industry jaringan computer yang dikeluarkan oleh Cisco System. Perusahaan yang saat ini secara de-facto menjadi standar teknologi jaringan computer dunia.

Sertifikasi CCNA ini merupakan sertifikasi tingkat intermediate (menengah) yang sudah dianggap mampu mengelola jaringan level medium-high skala enterprise. Program sertifikasi CCNA dikeluarkan oleh cisco pada tahun 1998. CCNA merupakan sertifikasi tingkat intermediate (menengah) yang berarti lulusan pemegang sertifikat cisco CCNA dianggap sudah mampu mengelola jaringan level medium-high skala enterprise.

2. Alasan kenapa harus memiliki sertifikasi CCNA

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini sertifikat sangat penting bagi karyawan, konsultan, pengusaha, karena dengan adanya sertifikat dapat memberikan berbagai manfaat dalam membangun karier mereka.

Kenapa harus CCNA?

  • Routing dan Switching sebagai Core Jaringan Komputer

terdapat 2 infrastruktur jaringan yaitu : routing dan switching. Routing adalah proses pemilihan arah lalu lintas antar jaringan computer. Sedangkan switching adalah aktifitas penerimaan data, memproses dan memforward. Routing dan switching adalah tulang punggung suatu jaringan. Maka seharusnya sebagai IT Network engineer harus tahu mengenai teknologi routing switching.

  • CCNA Certified – Telah disertifikasi Oleh Networking Leader

Sertifikasi CCNA adalah sertifikasi high-class yang sudah diakui kualitasnya yang dimiliki oleh cisco. Hal ini dibuktikan dengan hampir semua perusahaan mansyaratkan kandidat harus lulusan CCNA karena mayoritas perusahaan besar menggunakan perangkat cisco. Material yang terkandung di CCNA sudah disusun secara sistematis, distandarkan sehingga konsepnya terpakai disemua perangkat selain cicso.

  • Foundational Knowledge yang benar-benar solid dan mudah didapat

Tidak perlu khawatir dalam hal memperlajari CCNA karena:

  1. Kita bisa dengan mudah untuk menemukan buku-buku terbaik, karena cisco sudah memiliki lamam ciscopress sebagai laman resourcenya
  2. Halaman dokumentasi cisco sangat lengkap. Mulai dari dokumentasi perangkat hingga protocol yang digunakan
  3. Banyak komunitas yang dedicated. Terdapatnya banyak komunitas yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan suatu permasalahan terdapat produk yang kita gunakan. Cisco juga menyediakan portal learning khusus yaitu learningnetwork.cisco.com
  • Tidak perlu khawatir akan ‘Cisco Minded’

Tidak perlu khawatir karena cisco sebagai networking leader umumnya menjadi patokan bagi vendor-vendor lain sehingga kita tak jarang menemukan perangkat yang konfigurasinya mirip-mirip dengan cisco.

  • Membuka peluang kenaikan gaji

Manfaat memiliki sertifikat CCNA sudah pasti dapat meningkatkan peluang karier kita untuk bisa diterima di perusahaan-perusahaan yang kita inginkan. Selain itu manfaat lain dari sertifikat ccna tidak hanya untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, bagi mereka yang sudah bekerja memiliki sertifikat CCNA dapat memperoleh pendapatan yang lebih. Selain itu dengan sertifikasi CCNA kamu juga bisa membuka bimbingan belajar, konsultasi, pembuatan lab latihan dan sebagainya. Dengan adanya sertifikasi CCNA kamu bisa memanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan diluar atau didalam kantor. Buat kamu yang masih seorang frashgraduate, memperlajari CCNA adalah salah satu cara ampuh untuk mendongkrak karirmu.

  • Dapat menekuni bidang lain selain IT Network

Ketika kita sudah terbiasa dengan bidang networking seperti system operasi hingga troubleshootingnya, maka dengan mudah bagi untuk mengambil jalur sertifikasi lain seperti programming, design, atau yang lainnya.

3. Jenjang sertifikat Cisco

Secara umum, sertifikasi Cisco terbagi atas tiga level yaitu Associate, Professional, dan Expert.

 

  • Associate Level : CCNA

Cisco CCNA adalah sertifikasi keahlian jaringan computer dari cisco system untuk jenjang level/associate(pemula). Pemilik sertifikat ini dapat mendesain, membangun, dan memaintenance system LAN/WAN hingga 100 perangkat. Pemilik sertifikat ini juga dapat melanjutkan sertifikasi Cisco selanjutnya yaitu CCNA yang mengarah ke salah satu spesialisasi jaringan computer yaitu CCNA Telepresence, CCNA Security, dan CCNA Wireless.

  • Professional Level : CCNP

Cicso Certified Network Professional adalah sertifikat yang paling popular yang bisa kamu miliki. Sertifikat ini menandakan bahwa kamu memiliki keahlian pada tingkat professional. Pemilik sertifikat ini dapat merancang, membangun, dan memaintenance hingga 500 perangkat. Untuk memiliki sertifikat ini kamu terlebih dahulu sudah memiliki sertifikat CCNA. Di level professional masih ada jenjang selain CCNP yaitu CCDP, CCIP, CCSP, CCVP.

  • Expert Level : CCIE

CCIE atau singakatan dari Cisco Certified Internetwork Expert merupakan jenjang sertifikasi paling atas atau paling akhir (Expert). Pemilik sertifikat ini dikenal sebagai pakai pada bidang teknologi jaringan. Untuk mendapatkan Jenjang yang paling atas atau paling akhir adalah Expert, pemilik sertifikat ini dikenal sebagai pakar pada bidang teknologi jaringan.

Wahhh menarik bukan? Buat kalian yang tertarik untuk memiliki kemampuan dibidang networking? Skuy daftarkan dirimu untuk mengikuti training networking mulai dari CCNA, CCNP, CCIE bersama para trainer yang sudah diakui keahliannya melalui sertifikasi International dengan menghubungi kami PT Graha Karya Informasi :

Email : sales@grahakarya.com

Telpon : (021) 30066518

Tunggu apa lagi? Ayo training bersama kami PT Graha Karya Informasi