IT Solution: Definisi dan Tips Memilih IT Solution yang Tepat dan Sesuai agar Tidak Menyesal

Seiring perkembangan teknologi sekarang, banyak perusahaan yang sudah melek akan kebutuhan IT mereka. Penggunaan teknologi yang tepat adalah salah satu faktor kesuksesan suatu bisnis. Solusi IT atau jasa IT solution umumnya menjadi pilihan yang diambil oleh perusahaan untuk membantu bisnis menjadi efektif dan efisien.

Nah, pada artikel ini akan dibahas definisi dan tips bagaimana cara memilih jasa IT Solution yang tepat.

Langsung aja simak pembahasan lengkapnya yang telah Graha Karya Informasi rangkum berikut ini!

Definisi IT Solution

IT Solution atau yang dapat disebut juga solusi bisnis IT adalah kumpulan perangkat lunak, program atau aplikasi, dan layanan IT yang berguna untuk memberi solusi permasalahan IT yang ditawarkan kepada perusahaan untuk mendukung proses bisnisnya.

Servicenow menjelaskan bahwa IT Solution dapat membantu perusahaan dalam mengelola data secara efektif dan efisien.

Proses bisnis yang diintegrasikan dengan IT solution atau solusi IT dapat membuat kegiatan proses bisnis menjadi lancar, meningkatkan kerjasama tim, dan mempercepat suatu pekerjaan.

Tips memilih IT Solution 

1Lakukan riset

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memilih IT Solution adalah memastikan bahwa kamu mengerti fungsi produk IT seperti apa yang kamu butuhkan. Banyaknya produk IT yang ada di pasaran membuat kamu perlu melakukan riset dengan rajin. Pertimbangkanlah apakah ketika kamu menerapkan produk IT tersebut akan memudahkan pekerjaan karyawan atau akan membuat produk kamu laku dipasaran.

Melansir small business bonfire, ketika melakukan riset kelompokan teknologi perusahaan kamu dalam 3 kategori yaitu : baik, buruk, atau harus dilakukan perbaikan untuk menilai di mana celah dari teknologi kamu.

Bandingkanlah beberapa pilihan IT Solution yang ditawarkan oleh vendor-vendor yang ada dengan apa yang kamu butuhkan. Untuk membantu proses pemilihan, kamu bisa juga melihat review, peringkat atau daftar dari publikasi bisnis yang terpercaya.

2. Meminta pendapat kepada rekan kerja kamu

Hal selanjutnya ketika memilih IT Solution untuk bisnis kamu adalah meminta pendapat rekan kerja yang ada di industri serupa. Mereka dapat memberikan wawasan lebih dalam terkait penggunaan teknologi seperti apa yang berhasil atau kurang berhasil bagi mereka meskipun setiap perusahaan pasti punya kebutuhan IT yang berbeda. 

3. Lakukan meeting dengan vendor

Setelah melakukan 2 hal diatas saatnya kamu membuat jadwal meeting dengan vendor terkait. Sebelum meeting, mintalah vendor untuk membuat demonstrasi agar kamu lebih memahami alur kerja dari teknologi tersebut. Alangkah baiknya kamu juga meeting terlebih dahulu dengan tim internal untuk mengevaluasi setiap demo dan mempersiapkan pertanyaan yang akan diajukan ke vendor. Usahakan tim atau perwakilan tim kamu hadir dalam demonstrasi agar mereka bisa menggunakan teknologi tersebut dengan baik dan benar.

4. Lakukan uji coba gratis

Selain memberikan demo, beberapa vendor juga menawarkan uji coba gratis dari produk mereka. Setelah kamu memilih produk IT yang cocok dengan kebutuhan bisnis kamu, kamu bisa menanyakan ke pihak vendor apakah mereka menyediakan uji coba gratis untuk produk tersebut. Biasanya uji coba tersebut bisa digunakan selama seminggu secara gratis. Dengan cara ini, kamu bisa melihat apakah produk IT tersebut dapat menyelesaikan permasalahan di perusahaan dan sesuai dengan proses bisnis perusahaan.

5.  Meminta feedback dari tim kamu

Langkah terakhir dalam memilih IT Solution adalah dengan meminta feedback dari tim. Nah, melansir paddle.com, ketika kamu memilih teknologi baru untuk diterapkan di perusahaan sangat penting untuk melihat keahlian teknis tim kamu dengan tujuan agar menghindari kesalahan pengambilan keputusan. Selama periode demo atau uji coba, sebisa mungkin kamu mengumpulkan informasi atau feedback yang banyak dari tim kamu. Minta mereka untuk memberikan evaluasi mengenai penggunaan teknologi tersebut, apakah dengan penerapan teknologi baru tersebut dapat memberikan kemudahan terhadap pekerjaan mereka atau justru memberikan efek negatif? Kamu bisa mendapatkan feedback melalui meeting dengan tim atau dengan memberikan survey kepada karyawan.

Itulah penjelasan mengenai IT Solution dan bagaimana tips-tips memilih IT Solution agar kamu tidak salah dalam mengambil keputusan nanti.

Jadi, bagaimana? Apakah kamu membutuhkan jasa IT Solution untuk kebutuhan bisnis kamu? Jika iya, kamu bisa segera menghubungi  kontak di bawah ini : 

Email : sales@grahakarya.com

Telepon : (021) 51000082

Yuk, cek artikel menarik lainnya disini. Jangan sampai ketinggalan!