7 Cara Tepat dan Ampuh Mengatasi Gugup Saat Wawancara Kerja

Mengatasi Gugup Saat Wawancara

Apakah kamu pernah mengalami kondisi gugup saat akan melakukan interview kerja? Ternyata, itu kondisi yang wajar kok dan bukan hanya kamu yang mengalamin itu. Apalagi, proses ini adalah pengalaman pertama kamu.

Wawancara kerja adalah salah satu momen excited sekaligus mendebarkan bagi setiap orang. Sebab, ini menjadi taruhan apakah kamu diterima kerja atau tidak. Agar proses interview kamu berjalan lancar, pastikan kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa gugup saat interview.

Pasalnya, rasa gugup saat wawancara dapat membuat jawaban kamu terbata-bata sehinggan HR kurang puas dengan jawaban kamu.

Pastinya kamu tidak ingin hal ini terjadi di kamu dong. Nah, di artikel ini akan dibahas bagaimana cara yang tepat dan ampuh gugup saat wawancara kerja! Yuk, disimak!

1. Melakukan Persiapan Sebelum wawancara

Persiapan awal sebelum wawancara sangat penting bagi kamu. Hal ini bertujuan, ketika pewawancara kerja menanyakan hal tentang kamu, perusahaan, maupun pertanyaan lainnya, kamu sudah siap menjawabnya.

Nah, makanya sebelum wawancara kerja kamu diwajibkan untuk mencari tahu tentang perusahaan, seperti visi dan misi perusahaan, budaya perusahaan, produk yang dimiliki oleh perusahaan, sampai dengan competitor perusahaan tersebut.

Melansir dari The Balance Careers, tips pertama menghilangkan rasa gugup saat wawancara adalah dengan mencari tahu semua hal tentang perusahaan yang kamu lamar.

2. Selalu berlatih

Rasa grogi saat interview bisa saja terjadi karena kamu tidak ada persiapan yang matang atau belum pernah latihan wawancara sama sekali.

Kamu akan terkesan meremehkan ketika hanya melakukan persiapan saja tanpa melakukan latihan. Harus tetap latihan agar dapat mengatasi grogi saat wawancara.

Kamu bisa berlatih di depan kaca dan menganggap bayangan kamu itu sebagai pewanwancara. Kamu harus menatap matanya agar kamu terkesan serius untuk berkerja dan jangan lupa untuk tersenyum.

Pelajari pertanyaan yang sudah kamu siapkan. Usahakan jangan menghapal setiap jawaban dari pertanyaan tersebut, kamu harus mengerti inti dari setiap jawaban agar terlihat lebih natural.

3. Datang ke Lokasi Interview Lebih Awal

Perusahaan yang meminta kamu datang lebih awal sekitar 15 sampai 30 menit sebelum wawancara bertujuan agar kamu tidak terburu-buru dan bisa menenangkan diri sebelumnya.

Menuruh majalah Forbes, kamu bisa mengatasi grogi saat interview ketika datang lebih awal karena seseorang yang datang lebih awal biasanya memiliki mental yang lebih kuat dan siap dibandingkan dengan mereka yang datang terlambat.

Tidak hanya mengatasi gugup, kamu yang datang lebih awal akan menjadi poin plus bagi pewawancara karena kamu dianggap sebagai seseorang yang displin dan sangat menghargai waktu.

4. Mengganggap Pewawancara sebagai teman tetapi tetap bersikap sopan

Cara lain untuk mengatasi grogi saat wawancara adalah dengan menggangap pewawancara layaknya teman kamu.

Ketika melakukan hal ini, kamu akan merasa rileks dan tenang saat menjawab pertanyaan sehingga jawabannya yang dilontarkan sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, tapi perlu diingat ya harus tetap sopan sehingga kamu tetap terlihat menarik di mata pewawancara dan berpeluang menjadi kandidat terbaik.

5. Mengatur Pernapasan

Jangan lupa untuk mengatur pernapsan saat melakukan wawancara. Ada banyak teknik mengatur pernapasan untuk menghilangkan rasa gugup.

Sebaiknya, menggunakan pernapasan diafragma agar rasa gugup cepat hilang tapi jangan sampai keliatan ketika kamu menggunakan metode ini dan dapat mengganggu jalannya proses interview kerja.

Mengatur pernapasan adalah salah satu meditasi yang baik untuk membantu kamu menjadi rileks.

6. Mendengarkan Musik

Jika kamu mempunyai cara sendiri mengatasi gugup saat wawancara dengan mendengarkan musik. Kamu bisa melakukannya sebelum proses wawancara berlangsung.

Kamu bisa mendengarkan music pop, instrumental alat musik, music jazz, atau bahkan podcast? Pilihlah sesuai dengan favoritemu.

Tapi perlu diingat, jangan sampai saat mendengarkan musik kamu mengabaikan informasi penting atau panduannya.

7. Jangan Lupa Berdoa

Setelah melakukan semua hal diatas, langkah terakhir yang sangat penting adalah berdoa.

Libatkanlah Tuhan untuk segala prosesnya dan mintalah agar proses interview kamu berjalan dengan baik dan lancar.

Dengan begitu, kamu akan lebih tenang dan merasa percaya diri ketika wawancara kerja dan merasa yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Gugup saat wawancara kerja adalah hal yang wajar dirasakan oleh banyak orang. Namun, dengan mengikuti tujuh cara tersebut, kamu dapat mengatasi rasa cemas tersebut dan dapat tampil lebih percaya diri dalam menghadapi wawancara.

Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan, kualifikasi, dan kepribadian kamu kepada pewawancara. 

Jadi, hadapi wawancara dengan sikap positif dan yakinlah bahwa kamu memiliki potensi untuk berhasil!

Sudah Tau Cara Mengatasinya, Cobain Interview Sama HRDnya

Buat kamu yang sudah percaya diri dan sudah bisa mengatasi rasa gugup saat interview kerja, ada pengumuman penting nih Graha Karya Informasi lagi membuka lowongan pekerjaan pada bagian:

1. Network Engineer

2. IT Engineer/IT Support/IT Dekstop Support

3. IT Project Coordinator

4. SQL Database Engineer

5. Account Executive

6. IT Infrastructure Engineer

7. Project Manager

8. Macro Developer

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi Linkedin PT Graha Karya Informasi dan Jobstreet Graha Karya Informasi

Kamu dapat membaca informasi lainnya, dengan klik kumpulan artikelnya disini!