5 Manfaat Training IT bagi Karyawan untuk Meningkatkan dan Mengasah Keterampilan

Setiap perusahaan pada dasarnya akan selalu membutuhkan karyawan yang dapat memberikan hasil yang terbaik bagi perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan rela untuk mengeluarkan banyak biaya agar karyawan dapat meningkatkan dan mengasah keterampilan mereka melalui training atau pelatihan. 

Seiring berkembangnya teknologi dan aplikasi baru, karyawan diminta untuk update atau bahasa anak sekarang tidak “gaptek” akan hadirnya teknologi baru. Agar tidak terjadi ketertinggalan pengetahuan mengenai teknologi baru dan munculnya kesenjangan keterampilan pada karyawan maka perusahaan perlu melakukan training IT untuk karyawan.

Ada banyak loh manfaat training IT bagi karyawan. Mau tau apa aja? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!

1. Menimbulkan kepercayaan diri bagi karyawan baru 

Bagi perusahaan, memberikan Training IT bagi karyawan baru berguna untuk memastikan mereka mendapatkan pelatihan mengenai hal - hal dasar tentang penggunaan sistem komputer atau teknologi di perusahaan tersebut. Hal ini dikarenakan karyawan baru tersebut baru melakukan migrasi dari perusahaan lama ke perusahaan baru dan butuh waktu adaptasi dengan sistem kerja yang baru. 

Training IT tersebut dapat menimbulkan rasa percaya diri bagi karyawan karena mereka merasa siap untuk menggunakan teknologi tersebut dan juga memastikan mereka benar-benar paham dengan apa yang akan mereka lakukan nanti.

2. Memberikan semangat bagi karyawan sehingga menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan

Ketika terjadi perubahan terhadap teknologi baru yang ada di perusahaan maka karyawan harus siap dengan adanya perubahan tersebut yang memungkinkan karyawan melakukan tugas-tugas baru dan berbeda dari biasanya. Memberikan Training IT yang tepat kepada karyawan dapat membuat suasana pekerjaan jauh lebih menyenangkan dan cenderung bersemangat. 

Professor Jan-Emmanuel De Neve dan Clement Bellet mengatakan “Pekerja akan 13% lebih produktif ketika menemukan kebahagiaan”. Lebih lanjut Forbes mengungkapkan dari hasil study-nya bahwa karyawan yang bahagia sebanyak 20% lebih produktif di tempat kerja dibandingkan dengan karyawan yang tidak bahagia. Suasana hati karyawan dan tempat kerja yang menyenangkan akan cenderung meningkatkan produktivitas sehingga akan berdampak pada meningkatnya pekerjaan, motivasi dan kepuasan kerja. 

3. Mengurangi biaya karyawan 

Karyawan yang telah mendapatkan pelatihan dan telah terlatih dalam menggunakan suatu sistem atau teknologi tentunya dapat memecahkan masalah dalam waktu yang singkat dan akan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Jadi, secara logis 5 karyawan yang sangat terlatih dalam melakukan pekerjaan akan sama seperti 10 karyawan yang tidak terlatih dalam melakukan pekerjaan.

4. Menciptakan kesetaraan antar karyawan 

Karyawan yang diminta untuk mengikuti pelatihan cenderung merasa lebih dihargai dan dimengerti ketika sudah sangat terlatih dalam penggunaan sistem atau teknologi IT dibandingkan karyawan yang tidak atau belum mendapat pelatihan. Contohnya: ketika seorang karyawan telah ahli dan mendapat pelatihan dalam bidang IT Network yang bisa melakukan install, konfigurasi dan memecahkan masalah LAN dan WAN dengan skala yang luas yaitu 100-500 client/PC tentunya akan berbeda dengan karyawan yang belum mendapatkan pelatihan tersebut. Pastinya karyawan yang tidak mendapatkan pelatihan akan merasa kecewa, tidak bersemangat, dan merasa adanya diskriminasi antar karyawan. 

5. Menjaga konsistensi karyawan dalam bekerja 

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, perusahaan akan terus melakukan penyesuaian dengan sistem dan teknologi IT yang ada. Untuk menjaga konsistensi dalam bekerja, maka perusahaan perlu secara berkala menugasi karyawan untuk mengikuti pelatihan.

Itulah manfaat yang akan kamu rasakan jika kamu mengikuti suatu pelatihan. Training IT akan sangat berdampak pada kualitas pekerjaanmu, bukan? Untuk itu, jika kamu diminta oleh perusahaan untuk mengikuti suatu pelatihan tidak ada alasan untuk menolaknya. Kamu akan merasakan sendiri bagaimana dirimu berkembang dari yang sebelumnya. 

Tidak hanya training IT, kamu juga bisa mendapatkan info mengenai manfaat dari sertifikasi IT, Jasa IT dari Graha Karya Informasi. 

Yuk, klik disini untuk menemukan berbagai artikel lainnya