5 Tips Memilih Laptop untuk Kebutuhan Bisnis Kamu

 

Laptop menjadi salah satu gadget yang paling banyak dibutuhkan saat ini, baik itu untuk pelajar sampai dengan pekerja kantoran. Laptop memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda, semakin canggih fitur dan spesifikasi suatu laptop maka semakin tinggi pula harganya.  Untuk itu kamu harus tahu bagaimana tips yang benar untuk memilih laptop untuk kebutuhan bisnis kamu. Berikut ini 5 tips memilih laptop yang perlu kamu ketahui:

1. Memilih sistem operasi yang tepat

Pada dasarnya, Menurut Fery IndaYudha “Sistem Operasi adalah sebuah sistem yang dibutuhkan agar dapat menjalankan semua aplikasi yang ada di komputer”. Terdapat beberapa jenis sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Chrome OS. Untuk kamu sebagai pengguna pemula atau pengguna yang anti ribet, kamu bisa memilih windows sebagai sistem operasi, karena windows merupakan sistem operasi komputer yang tergolong popular dan sistemnya dianggap kompatibel dengan banyak jenis software. Jika kamu merupakan pengguna yang memiliki budget yang besar dan ingin memiliki laptop dengan spesifikasi dan juga keamanan tinggi maka MacOS bisa menjadi pilihan. Untuk sistem operasi Chrome OS, sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang tebilang masih baru di pasaran. Chrome OS memiliki sedikit perbedaan dalam fungsionalitasnya. Meskipun sederhana dan aman, Chrome OS lebih terbatas dari Windows dan Mac. Eitsss tapi kembali lagi, untuk memilih jenis sistem operasi yang diinginkan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki yaa.

2. Mempertimbangkan spesifikasi internal sesuai kebutuhan

Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih laptop baru adalah spesifikasi internalnya. Setidaknya ada 3 hal yang perlu dipertimbangkan antara lain: tipe prosesor, RAM dan VGA. Terdapat 2 prosesor yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu intel dan AMD. Keduanya memiliki varian harga yang berbeda dan dibandrol dari harga satu jutaan hingga belasan juta rupiah. Jika kamu menggunakan laptop hanya untuk pekerjaan standar seperti Office dan juga browsing internet, Prosesor Core i3 bisa menjadi pilihan. Tetapi, untuk pekerjaan seperti video editing dan gaming akan lebih baik memilih Prosesor Core i5 keatas. Beralih ke sisi RAM, RAM juga merupakan salah satu faktor yang mampu mempengaruhi kinerja laptop. Semakin besar RAM, kinerja laptop untuk kebutuhan multitasking akan semakin besar. Jika pemakaiannya standar, laptop dengan RAM  2 sampai 4 GB sudah cukup. Tetapi untuk aktivitas yang berat, sebaiknya pilih Laptop dengan RAM minimal 8  GB. Selanjutnya untuk VGA. Tidak semua laptop dibekali dengan VGA tambahan Karena kebanyakan prosesor sudah dibekali dengan chip grafis yang sudah cukup bagus. Walaupun begitu, jika kamu menggunakan laptop untuk editing video, bermain games, dll disarankan untuk memilih laptop yang sudah dibekali dengan VGA yaa.  Makin tinggi spesifikasi yang dipilih tentu akan berpengaruh terhadap harganya, untuk itu kamu perlu menyesuaikan dengan budget kamu yaaa!

3. Memilih media penyimpanan yang tepat

Laptop memiliki 2 jenis penyimpanan yaitu HDD (Hard Disk) dan SSD (Solid State Drive). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Laptop dengan penyimpanan HDD memiliki harga yang terjangkau. Sedangkan laptop yang ditanam SSD berkapasitas sama seperti HDD, maka memiliki harga yang tinggi. Walaupun memiliki harga yang tinggi, laptop yang ditanam SSD memiliki kecepatan read dan write data yang cepat. Sebaliknya juga begitu, laptop yang ditanam HDD memiliki kecepatan read dan write data yang lambat. Jika kamu menginginkan kecepatan akses data secara cepat maka dan memiliki budget yang tidak terbatas pemilihan SSD tepat untuk digunakan.

4. Memilih desain laptop

Dari segi desain laptop terus mengalami berbagai inovasi. jika kita melihat kebelakang laptop zaman dahulu banyak berukuran tebal, namun kini kita dapat menemukan laptop yang super tipis. Jika dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah ada model 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas-pasang atau dilihat hingga 360 derajat.  Desain yang futuristik membuat orang-orang tertarik. Namun yang sebenarnya harus diperhatikan adalah ketahanannya, terutama pada bagian engsel. Apakah desainnya solid dan tahan banting? Tentunya kamu harus mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, juga sudut pandang penglihatan layar.

5. Mengecek daya tahan baterai

Point terakhir yang menjadi pertimbangan dalam memilih laptop adalah mengecek daya tahan baterai. Semakin besar kekuatan baterai, maka laptop bisa digunakan lebih lama. Baterai berfungsi untuk memberikan daya kepada laptop. Semakin besar kekuatan baterai, maka laptop bisa digunakan tahan lama. Pastikan juga kamu merawat baterai laptop sebaik mungkin agar perfomanya tetap oke, seperti tidak melakukan charge terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis atau 0%.

Selain lima poin diatas, kamu juga wajib memerhatikan soal garansi, fitur-fitur tambahan, keamanan dan yang paling penting adalah soal budget.

Bagaimana jika saat ini kamu ingin membeli laptop tetapi terhalang oleh budget yang kurang? Tenang, kita punya solusinya kok. Melalui PT. Graha Karya Informasi kamu bisa melakukan rental laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kamu tanpa harus membelinya dan mengeluarkan budget yang besar. Kami siap menyediakan laptop untuk mendukung bisnis perusahaan anda untuk acara, rapat, workshop atau apapun kebutuhan bisnis Anda kami dapat menyediakannya.