VPN: Pengertian, Kegunaan, dan Resiko Menggunakan VPN

Bagi pengguna jaringan internet pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata VPN atau kepanjangan dari Virtual Private Network. VPN adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses suatu situs secara pribadi dengan aman. Layanan juga lazim digunakan oleh orang yang tidak dapat membuka situs internet yang diblokir. Tapi, tahukah kamu kegunaan, jenis, cara kerja dan resiko menggunakan VPN itu?

Nah, di artikel kali ini akan menjawab pertanyaan itu semua! Yuk, disimak.

1. Pengertian VPN

Cara Kerja VPN

Virtual Private Network atau yang biasa disingkat VPN, adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet secara pribadi dan aman melalui jaringan yang terenkripsi dan berfungsi sebagai jembatan antara perangkat pengguna dan internet, sehingga semua data yang dikirim dan diterima melalui jaringan VPN akan terenkripsi dan tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Dengan menggunakan VPN kamu juga bisa mengakses lebih banyak situs di internet dan kamu bisa mengubah lokasi virtual dan membuka situs yang hanya bisa diakses di luar negeri.

Menurut Kaspersky.com bahwa VPN akan membuat jaringan yang kamu gunakan terlindungi ketika kamu mengakses jaringan publik. VPN akan mengenkripsi dan menyamarkan identitas online kamu sehingga pihak lain akan kesulitan untuk melacak aktivitas dan mencuri data kamu.

Baca juga : Pengertian, Jenis, Topologi, Transmisi dan Manfaat Jaringan Komputer

2. Kegunaan VPN

Banyak negara yang menggunakan VPN untuk mengakses internet. Jadi apa sih kegunaan dari VPN tersebut? Melasir dari NordVPN, menggunakan layanan ini dapat membuat kehidupan digital kamu lebih aman, lebih mudah, dan tentu lebih lancar.

a. Memperkuat keamanan dan privasi data

Dengan menggunakan VPN, pengguna dapat mengakses internet dengan aman dan terhindar dari potensi serangan oleh hacker atau malware. VPN bekerja dengan menghubungkan layanan langsung ke server pribadi dengan menggunakan metode enkripsi sehingga dapat memperkuat keamanan data kamu.

b. Membantu menghindari pembatasan geografis (ByPass)

Terdapat beberapa situs yang di sensor atau di blokir oleh pemerintah atau penyedia layanan internet dan hanya bisa di buka di beberapa negara saja. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa menggunakan VPN sebagai solusinya yang berguna sebagai pengaman dari koneksi internet.

c. Mengamankan data dienkripsi

Ketika melakukan pertukaran data di internet, kamu tidak perlu merasa khawatir karena data kamu akan dienkripsi. Jadi, apapun yang komputer kirimkan seseorang hanya melihat data yang terenkripsi bukan data mentah sehingga kamu dapat mengamankan aktivitas online kamu dari jaringan publik. Itulah alasan mengapa banyak bisnis yang menggunakan VPN  karena data yang mereka kirim kan akan terenkripsi melalui jaringan komputer.

d. Menyembunyikan lokasi atau keberadaan

VPN juga dapat berguna sebagai proxy kamu di internet. Ketika data demografis kamu berasal dari negara lain maka lokasi kamu tidak akan ditemukan. Terdapat beberapa layanan VPN yang tidak merekam log aktivitas kamu tetapi ada juga layanan VPN yang mereka aktivitas tersebut dan pastinya tidak akan memberikan informasi tersebut ke publik. Maka dari itu, data pengguna VPN akan tersembunyi secara tetap.

e. Meminimalisir gangguan koneksi

Kegunaan lain dari VPN adalah meminimalisir gangguan koneksi, karena VPN adalah jaringan pribadi dimana hanya kamu yang menggunakannya, maka kamu akan jarang menemukan gangguan karena VPN berfungsi sebagai pengaman dari koneksi.

Baca juga : IT Solution : Definisi dan Tips Memilih IT Solution yang Tepat dan Sesuai agar Tidak Menyesal

3. Risiko Menggunakan VPN

Namun, penggunaan VPN juga memiliki beberapa risiko yang perlu diperhatikan. Beberapa penyedia VPN tidak dapat diandalkan dan dapat mengakses data pengguna yang seharusnya bersifat privasi. Selain itu, penggunaan VPN juga dapat melambatkan koneksi internet, terutama jika VPN yang digunakan memiliki kualitas yang buruk. Risiko keamanan juga dapat menghampiri jika kamu menggunakan VPN secara gratis karena bisa mengandung malware dalam iklan yang mereka sematkan, membatasi data yang kamu gunakan, sampai dengan pembajakan.

Ada 2 faktor yang mempengaruhi tingkat keamanan VPN, yaitu :

a. Batasan Teknologi

Semakin aman protocol dan enkripsi yang digunakan, maka tingkat keamanan penggunaan VPN akan semakin tinggi pula.

b. Batasan Hukum dan Kebijakan

Batasan hukum dan kebijakan akan mempengaruhi teknologi yang digunakan. Demikian juga dengan Undang – Undang negara tempat layanan VPN berada. Namun begitu, penyedia layanan VPN akan sebisa mungkin untuk melindungi privasi dan data penggunanya dan mereka harus tunduk terhadap hukum yang berlaku di negara layanan VPN berada.

Dalam kesimpulannya, VPN adalah teknologi yang sangat berguna untuk memperkuat keamanan dan privasi data pengguna dalam mengakses internet. Namun, pengguna harus memperhatikan risiko yang terkait dengan penggunaan VPN, seperti pemilihan penyedia layanan yang tepat dan kualitas jaringan VPN yang digunakan.

PT Graha Karya Informasi sebagai penyedia jasa IT kini hadir untuk mendukung kebutuhan bisnis kamu dengan berbagai layanan seperti Desktop Support, IT Maintenance, IT Manage Service dan Data Center dan Cabling Management. PT Graha Karya Informasi selalu memberi dukungan helpdesk dan customer service yang siap melayani kebutuhan pelanggan selama 24/7 yang akan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan.

Untuk mendapatkan layanan Jasa IT, kamu bisa menghubungi tim Sales kami dengan contact dibawah ini : 

Email : dept.sales@grahakarya.com

Telepon : (021) 51000082

Dapatkan informasi lainnya seputar Teknologi dan baca selengkapnya di Graha Karya Informasi Blog!