Strategi Terbaik dan Kesalahan yang Harus Diwaspadai bagi Pencari Kerja

Siapa yang nggak pengen punya pekerjaan idaman dengan cepat, kan? 

Nah, buat teman-teman yang lagi semangat banget nyari kerja, ada beberapa trik jitu yang bisa mempercepat langkah kalian. Tapi, nggak bisa dipungkiri juga, ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang sebaiknya dihindari biar proses pencarian kerja nggak makin rumit. Mari kita eksplorasi bersama apa yang sebaiknya dilakukan dan dijauhi oleh para pencari kerja supaya bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan lebih cepat

 

Hal-hal yang harus dilakukan Jobseeker biar cepat dapat kerja

1.Ketahui Arah yang Diinginkan : 


Pertama-tama, tentukan bidang atau jenis pekerjaan yang kamu minati. Ini membantu menyaring opsi dan memfokuskan usaha pencarianmu. Lakukan refleksi diri terkait minat, keahlian, dan nilai yang ingin kamu terapkan di tempat kerja.Jangan lewatkan berita dan tren terbaru dalam industri yang kamu incar. Mengetahui tren dan perkembangan terbaru bisa membantumu tampil lebih relevan saat wawancara
 

2.Optimalkan CV dan Profil Online

Pastikan CV terbaru kamu mencerminkan pengalaman serta keterampilan yang relevan dengan posisi yang kamu incar. Selain itu, jangan lupa untuk menyempurnakan profil online di platform seperti LinkedIn. Perbarui informasi terkini dan tambahkan keterampilan terbaru yang kamu kuasai.

Kalau mau dilirik HRD, surat lamaran kerja dan CV harus dibuat semenarik mungkin. Jika tampilannya biasa saja, kamu akan kalah dengan pelamar lainnya.Dengan CV yang menarik, setidaknya kamu bisa satu langkah lebih maju dibanding pelamar lainnya. Tidak ada salahnya kamu memanfaatkan berbagai template CV maker yang disediakan oleh aplikasi pembuat CV online
 

3.Manfaatkan Jaringan yang Ada : 

Jaringanmu adalah aset berharga. Manfaatkan hubungan yang sudah ada, baik itu teman, keluarga, atau rekan kerja terdahulu. Bergabunglah dalam komunitas yang relevan dengan bidang yang kamu minati dan jadilah aktif dalam pertemuan atau acara networking.Dan Bergabunglah di grup LinkedIn yang relevan dengan industri yang kamu tuju. Bicarakan minatmu dengan teman-teman atau minta rekomendasi dari mereka yang mengenal kemampuanmu.
 

4.Tingkatkan Keterampilan yang Dibutuhkan :


Apabila kamu susah mendapat pekerjaan, cobalah pikirkan kondisi sekarang. Kira-kira, apa saja jenis pekerjaan yang banyak dicari perusahaan saat ini? Apakah kamu punya keterampilan yang dibutuhkan dari pekerjaan tersebut?

Jika belum, maka pertimbangkan untuk mengikuti kursus. Dengan begini, kamu bisa lebih cepat mendapat pekerjaan.Manfaatkan waktu luangmu untuk mengikuti kursus online atau pelatihan yang bisa meningkatkan keterampilanmu. Bidang yang kamu minati mungkin punya tren baru atau keahlian khusus yang bisa jadi nilai tambah.
 

5.Aktif di Platform Pencarian Kerja : 


Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat semua informasi semakin mudah didapatkan. Termasuk juga mengenai lowongan pekerjaan. 

Manfaatkan situs pencarian kerja secara aktif. Setel notifikasi untuk mendapatkan informasi terbaru tentang lowongan yang sesuai dan pastikan untuk merespons dengan cepat terhadap panggilan atau email dari perusahaan.
 

6.Kombinasi Strategi Pencarian Kerja :


Gunakan berbagai strategi pencarian kerja. Selain mencari di platform online, manfaatkan juga jaringan pribadi, dan cobalah untuk mendatangi job fair. Job fair adalah acara di mana banyak perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan. Acara ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari kerja di lebih dari satu perusahaan sekaligus.Jangan ragu untuk berhubungan langsung dengan perusahaan yang kamu minati.Kadang-kadang, peluang muncul dari berbagai sumber.
 

7.Persiapkan Diri untuk Wawancara:

Persiapan untuk wawancara adalah kunci kesuksesan dalam mencari pekerjaan. Langkah pertama yang penting adalah melakukan riset mendalam tentang perusahaan yang akan kamu wawancarai. Ketahui nilai-nilai, misi, visi, dan proyek terkini perusahaan. Ini akan membantumu memberikan jawaban yang sesuai dengan visi perusahaan saat ditanya oleh pewawancara. Selain itu, latihan menjawab pertanyaan umum dalam wawancara merupakan hal yang krusial. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seperti "Ceritakan tentang diri Anda" atau "Mengapa Anda cocok untuk peran ini?".

Tidak hanya itu, siapkan contoh konkret tentang keahlian dan prestasi yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Ceritakan pengalaman kerja atau proyek yang menunjukkan kemampuanmu serta dampak positif yang kamu berikan. Pastikan juga untuk menyiapkan pertanyaan untuk pewawancara. Ini menunjukkan minatmu terhadap perusahaan dan peran yang kamu lamar. Pertanyaan tentang tim, proyek terkini, atau budaya perusahaan bisa menjadi pilihan yang baik.
 

8.Ikut Program Magang :

Cara mendapatkan pekerjaan dengan cepat selanjutnya adalah mengikuti program magang. Pasalnya, kamu jadi punya pengalaman bekerja secara langsung di dunia kerja profesional.

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan soft skill dan hard skill yang kamu miliki. Biasanya rekruter akan cenderung memilih kandidat lulusan baru yang punya pengalaman magang sebelumnya dibanding kandidat yang sama sekali tidak punya pengalaman.
Setelah memahami langkah-langkah yang bisa meningkatkan peluang dalam mencari pekerjaan, sekarang saatnya melirik ke arah sebaliknya. Berikutnya, mari kita bahas poin-poin yang sebaiknya dihindari oleh para pencari kerja untuk menghindari hambatan dalam perjalanan mereka menuju pekerjaan yang diimpikan

 

9.Evaluasi Terus dan Perbaiki Strategimu :

Setiap langkah adalah pelajaran. Lakukan evaluasi berkala terhadap cara-cara yang sudah kamu coba. Perbaiki strategi berdasarkan masukan yang kamu dapat dari proses lamaran sebelumnya.


Hal-hal yang harus dihindari Jobseeker biar cepat dapat kerja


1. Tidak Mencari Tahu Perusahaan :
Ini jadi salah satu kesalahan dalam mencari kerja yang sering dilakukan lulusan baru, tidak mencari tahu profil perusahaan yang dilamar.
Banyak pelamar yang asal ada lowongan kerja, apapun perusahaannya, ya dilamar saja. Jika sudah begitu, ketika dipanggil wawancara kerja, kamu tidak tahu perusahaan tersebut bergerak di bidang apa, apa bisnis inti yang dijalaninya. 
Pada akhirnya, kamu tidak bisa menjawab pertanyaan seputar perusahaan dan lingkup kerja yang akan kamu lakukan, sehingga HRD tidak terkesan dan membuatmu gagal diterima bekerja.
Selain itu, jika tidak mencari tahu profil perusahaan bisa membahayakan diri kamu juga. Kamu malah terjebak lowongan kerja palsu atau perusahaan fiktif. 

2.Lamaran yang Asal-asalan :
Mengirim lamaran yang asal-asalan atau umumnya dapat mengurangi peluang diterima. Terkadang, para pencari kerja terburu-buru dan mengirimkan aplikasi yang sama ke setiap perusahaan tanpa menyesuaikan dengan kebutuhan posisi yang dilamar. Padahal, lamaran yang disesuaikan dengan baik dapat menonjolkan keterampilan yang relevan dengan perusahaan yang dituju.

2. Mengandalkan Satu Sumber :
Jaringan personal dan hubungan di industri seringkali menjadi kunci untuk membuka peluang kerja. Tidak memanfaatkan koneksi yang ada atau enggan meminta bantuan atau rekomendasi dari orang-orang terdekat dapat membuat peluang terlewat begitu saja.Supaya kesempatan kamu untuk cepat dapat kerja terbuka lebar, sebaiknya jangan hanya berpatokan pada satu sumber saja. Manfaatkan sumber lainnya baik dari internet, pertemanan, koran, dan sebagainya

3. Profil Online yang Terbengkalai :
Profil online yang tidak diperbaharui bisa memberi kesan kurangnya keterlibatan atau perkembangan profesional. Platform seperti LinkedIn atau situs karier lainnya adalah cara bagi perusahaan untuk melihat lebih dalam tentang kualifikasi dan pengalamanmu. Menjaga profil ini terkini sangat penting.

4. Persiapan Wawancara yang Kurang :
Persiapan wawancara yang kurang bisa mengurangi kesempatan untuk sukses dalam wawancara. Tidak melakukan riset tentang perusahaan, tidak berlatih menjawab pertanyaan umum, atau tidak mempersiapkan pertanyaan untuk pewawancara dapat mengurangi kesan profesionalisme dan ketertarikan pada posisi yang dilamar.

5. Menunggu yang Tidak Pasti :
Setelah melamar di satu perusahaan, jangan langsung berpuas diri lalu diam saja sampai HRD mengabari.  Itu sama saja kamu menunggu hal yang tidak pasti.Manfaatkan waktumu untuk mencari dan menebar lamaran kerja di perusahaan lain. Bila ternyata kamu tidak mendapatkan kabar atau ditolak, kamu sudah punya lowongan cadangan di perusahaan lain.

6. Tidak Belajar dari Pengalaman :
Tidak mengambil pembelajaran dari proses lamaran sebelumnya bisa menjadi hambatan. Evaluasi umpan balik, baik yang didapat dari proses wawancara yang sukses maupun yang tidak, dapat membantu untuk memperbaiki strategi dan pendekatan di masa mendatang.

Menghindari hal-hal di atas memungkinkan para pencari kerja untuk tetap fokus dan efektif dalam pencarian pekerjaan mereka. Evaluasi dan perbaikan diri berdasarkan pengalaman serta feedback dari proses sebelumnya akan membantu untuk meningkatkan peluang dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Yo, kita sampe di ujung artikel nih! Dapetin kerja kan emang nggak gampang, tapi dengan tips-tips tadi, semoga bisa bantu temen-temen yang lagi berjuang nyari kerja.

Jadi, ini bukan cuma soal dapetin kerja doang, tapi juga soal tumbuh jadi versi lebih hebat dari diri kita sendiri. Dengan terus fokus, jaga semangat, dan hindari jebakan-jebakan yang bikin prosesnya makin ribet, kita bisa lebih cepet menuju pekerjaan yang kita impikan.

Jadi, teruslah berjuang, jangan pernah nyerah, dan yakinlah bahwa setiap langkah kita bakal bawa kita lebih dekat pada tujuan kita. Selamat berjuang, semoga pencarian kerja kalian segera membuahkan hasil yang memuaskan! 

 

Persiapkan Diri Kamu Untuk Direkrut Oleh Graha Karya Informasi

Jadi, begitulah cara mempersiapkan diri untuk mendapatkan pekerjaan! Semoga tips-tips tadi bisa membantu kalian nantinya. Nah, buat yang lagi cari peluang kerja, kabar baik nih! Perusahaan kami lagi membuka beberapa lowongan pekerjaan di bidang IT. Graha Karya Informasi, sebagai penyedia jasa IT outsourcing yang terkemuka, selalu mencari orang-orang keren yang bisa bergabung dengan kami.Saat ini sedang membuka peluang dalam berbagai posisi yaitu:

-Network Engineer

-Windows Server Engineer

-IT Support

-System Administrator 

Yuk, buruan apply kerjaanya di recruitment@grahakarya.com atau bisa melalui social media Linkedin PT Graha Karya Informasi dan Jobstreet PT Graha Karya Informasi.

Kesempatan ini dapat menjadi kenyataan jika kamu mempersiapkan diri kamu dengan baik.

Buat kamu yang ingin mendapatkan berbagai tips dan trik yang membantu kamu dalam proses interview kerja, jangan lupa untuk selalu mengunjungi Graha Karya Informasi Blog