Prospek Kerja Data Science Semakin Menjanjikan, Gaji Fantastis!

Saat ini, karier di bidang IT terutama data scientist telah banyak diperbincangkan dan diminati oleh banyak orang. Apakah kalian sudah tahu apa itu data science? Apa saja tugasnya? Dan apa prospek kerja data science? 

Katanya, jika dibandingkan dengan profesi lainnya, gaji data scientist cukup besar. Benarkah begitu?

Kita akan mengupasnya secara tuntas dalam artikel ini. Ada juga langkah jitu untukmu yang mengidamkan pekerjaan ini.

Yuk, simak selengkapnya!

 

Apa Itu Data Science?

Data science adalah keterampilan yang membutuhkan pengetahuan tentang pemrograman, komputer, teknologi, dan statistik, di mana berada di luar rangkaian pelatihan dasar bagi peneliti ilmu sosial. Selain itu, keterampilan ini juga mencakup komputasi Cloud, analisis Big Data, dan unsupervised learning seperti machine learning, web scraping, dan sebagainya.

Pengolahan data dilakukan agar sebuah perusahaan dapat memetakan preferensi target pasar, serta memprediksi potensi yang mungkin dapat diperoleh di masa depan. Jika Anda ingin menjadi data scientist, Anda harus memiliki keahlian dalam mengolah dan menginterpretasikan data agar dapat menemukan pola-pola tersembunyi di dalamnya.

Dengan adanya data science, peneliti dapat bekerja lebih efektif untuk menghasilkan informasi baru dengan menjelajahi kumpulan data. Tujuannya yaitu untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan sehingga dapat mengembangkan bisnisnya.

Seseorang yang memiliki keahlian di bidang data science disebut dengan data scientist.

 

Tugas Data Scientist

Menjadi seorang data scientist tentunya memiliki peran yang penting untuk perusahaan. Tugas utamanya yaitu bertanggung jawab dalam menganalisis dan menerjemahkan kumpulan data dalam jumlah besar.

Berikut tugas data scientist yang sudah terbagi menjadi 3 :

1. Mengumpulkan Data

  • Menyiapkan infrastruktur data
  • Menilai kualitas dan melakukan data cleansing
  • Menilai efektivitas dan akurasi sumber data baru
  • Memproses data

2. Analisis Data

  • Mengolah data yang telah dikumpulkan dan dibersihkan
  • Menghasilkan informasi valid untuk melakukan analisis data
  • Memelihara database
  • Mengoptimalkan penggunaan machine learning
  • Mengembangkan model dan algoritma khusus
  • Mengatur data menjadi format yang bisa digunakan

3. Visualisasi Data

  • Mengoptimalkan strategi pemasaran dan pengembangan produk
  • Membuat visualisasi data agar dapat dipahami orang lain
  • Membantu strategi pengembangan bisnis

 

Skill Yang Dimiliki Data Scientist

Menjadi data scientist harus memiliki keterampilan dan skill tertentu. Untuk mengolah data dan melakukan penelitian, hal tersebut tidak dapat dilakukan secara sembarang.

Berikut beberapa skill yang harus dimiliki oleh data scientist :

  • Memahami bahasa pemrograman seperti Python dan R.
  • Mahir dalam statistika, matematika, dan programming.
  • SQL.
  • Menggunakan Microsoft Excel.
  • Skill komunikasi, karena nantinya data scientist akan banyak berkomunikasi dengan stakeholder.
  • Terampil mengolah data dan melakukan penelitian.
  • Pemahaman terkait bisnis atau bidang yang relevan dengan perusahaan tersebut.
  • Kemampuan organisasi yang baik.
  • Pemahaman terhadap machine learning.
  • Cloud computing.

 

Prospek Kerja Data Science dan Gaji Yang Diperoleh
 

Profesi data scientist banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Di era digital seperti sekarang ini, data merupakan elemen dan aset penting bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan. Namun agar data tersebut dapat menjadi informasi yang diperlukan, hal tersebut perlu dilakukan oleh ahli yang terkait bidang pengolahan data.

Proses tersebut bukanlah hal yang mudah dan tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Prospek kerja data science semakin luas seiring dengan banyakanya permintaan data scientist oleh perusahaan.

Karena peran data scientist sangat penting, perusahaan berani memberi gaji besar kepada data scientist. Penghasilan perbulannya sudah pasti diatas UMR, sekalipun untuk freshgraduate atau mahasiswa yang baru lulus.

Berikut beberapa prospek kerja data science beserta gaji yang diperoleh :

 

1. Data Scientist
 

Data scientist adalah salah satu prospek kerja data science yang paling menjanjikan. Mereka bertanggung jawab untuk menggabungkan data dari berbagai sumber serta memilih algoritma yang dapat mempengaruhi hasil.

Dengan melakukan analisis data, mereka dapat memprediksi perilaku konsumen hingga mengidentifikasi peluang bisnis. Hal tersebut dapat dijadikan wawasan dalam pengambilan keputusan perusahaan. Karena itulah mereka harus menguasai ilmu statistika, matematika, pemrograman, hingga bisnis.

Gaji yang diperoleh seorang data scientist rata-rata berkisar Rp7.000.000 – Rp16.000.000.

 

2. Data Engineer

Data engineer adalah orang yang mengumpulkan dan memanfaatkan data dari berbagai sumber untuk menentukan keputusan bisnis. Mereka adalah software engineer yang bertugas untuk menyiapkan serta mengoptimalkan infrastruktur data.

Seorang data engineer mengelola database, data warehouse, pipeline, dan sistem lain yang dirancang untuk memproses big data.

Gaji yang diterima seorang data engineer perbulannya sekitar Rp5.000.000 – Rp12.000.000.

 

3. Data Architect

Sesuai namanya,data architect adalah seorang arsitek dari data yang diolah.Mereka bertugas untuk membagi sytrategi data,membangun inventory data,mendesain dan mengembangkan infrastruktur perusahaan.Data architect berkolaborasi dengan tim IT dan manajemen dalam membuat blueprint untuk membangun dan melakukan tes infrastruktur. Karean itu mereka harus memiliki pemahaman yang kuat mengenai bahasa pemrograman dan sistem operasi.

Gaji yang diperoleh data architect rata-rata sekitar Rp6.000.000 – Rp19.000.000.

 

4. Machine Learning Engineer

Profesi Machine Learning (ML) engineer bertanggung jawab untuk membangun sebuah model machine learning dan berfokus pada riset algoritma. Machine learning adalah salah satu cabang AI (Artificial Intelligence) yang memiliki kemampuan untuk mengolah data dan memprediksi kejadian berdasarkan data yang digunakan.

Profesi ini bertanggung jawab untuk melakukan riset atas efesiensi tools dan algoritma ML, menciptakan sistem AI dan ML, dan mengembangkan aplikasi ML sesuai kebutuhan.

Gaji yang diperolah seorang ML engineer cukup tinggi, yakni sebesar Rp12.000.000 – Rp 27.000.000.

 

 

Contoh Pekerjaan Data Scientist

Berikut ini beberapa contoh pekerjaan yang dilakukan oleh data scientist di berbagai industri :

1. Fintech

Data scientist bertugas untuk menganalisis user behavior atau karakteristik user. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan pola atau informasi yang dibutuhkan dari data user.Setelah itu mereka akan bertanggung jawab untuk memberi rekomendasi yang relevan dalam pengembangan produk perusahaan.

 

2. Pemerintahan

Ternyata, pemerintahan juga membutuhkan peran data scientist, loh! Data scientist bertugas untuk menganalisis terkait fokus yang dibutuhkan untuk pembangunan infrastruktur. Hal tersebut mencakup pengaliran dana atau anggaran, dan semacamnya.

 

3. Retail

Data scientist memiliki tugas untuk menganalisis tren yang sedang berlangsung. Mereka juga menganalisis kapabilitas dari penyimpanan barang milik perusahaan.

Setelah itu mereka memberikan hasil analisis tersebut untuk perusahaan untuk dijadikan evaluasi atas produk yang akan diluncurkan berikutnya. Mereka juga akan memberi saran terkait manajemen penyimpanan barang yang lebih efisien.

 

Tertarik Untuk Menjadi Data Scientist?

Seiring dengan tingginya permintaan perusahaan terhadap ahli di bidang data, prospek kerja data science semakin luas. Banyak orang yang tertarik untuk memulai karier di bidang IT dan peminat jurusan data science di berbagai universitas semakin banyak.

Selain belajar secara tradisional di universitas, kamu juga dapat mempelajari data science melalui tempat pelatihan atau kursus. Salah satu kursus terpercaya yang direkomendasikan untuk Anda adalah Graha Karya Informasi

Selepas kelas, kamu juga akan mendapat sertifikat, lho. Rekruter tentu bisa semakin yakin dengan skill-mu kalau punya dokumen ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan sekadar ingin jadi data scientist dengan gaji tinggi, ya! Kuasai juga skill yang dibutuhkan.