Pengertian, Jenis, Topologi, Transmisi dan Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah salah satu elemen penting dalam kehidupan sehari-hari saat ini. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk terhubung dengan dunia digital dan berbagi informasi dengan mudah dan cepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu jaringan komputer, jenis-jenis, topologi beserta alasan mengapa kita membutuhkan jaringan komputer dan bagaimana jaringan komputer membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas. 

1. Pengertian Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa jaringan komputer yang saling berhubungan yang berguna untuk bertukar data. 

Dalam perkembangan zaman, jaringan komputer itu dibuat dengan teknologi kabel atau dengan teknologi tanpa kabel (wireless). Jenis kabel yang dibutuhkan dalam jaringan yang menggunakan kabel adalah kabel coaxial, kabel twisted pair, dan kabel fiber optic. Sementara itu, yang termasuk kedalam jenis jaringan tanpa kabel / wireless adalah radio seluler, radio siaran, satelit, dan juga microwave.

Melansir dari amazon.com, jaringan komputer mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagai sumber daya satu sama lain.

2. Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Dibawah ini dijelaskan jenis-jenis jaringan komputer yang sering digunakan :

A. LAN – Local Area Network

LAN (Local Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah yang kecil dan digunakan untuk menghubungkan perangkat yang satu dengan yang lainnya dalam jarak yang cukup pendek.

Adapun contoh penggunaan LAN antara lain: jaringan komputer yang terdapat di sekolah, gedung kantor, kampus dan juga rumah. Biasanya dalam satu wilayah itu memiliki satu sampai beberapa LAN. 

B. MAN – Metropolitan Area Network

MAN (Metropolitan Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan lebih besar dari LAN. MAN berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer yang satu dengan perangkat komputer yang lainnya yang berada dalam lingkup kota yang sama.

Contoh penggunaan MAN yaitu jaringan di beberapa kantor cabang bank yang berada di dalam kota, misalnya Bank BCA yang terkoneksi dengan jaringan MAN di wilayah, Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang.

C. WAN – Wide Area Network

WAN (Wide Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang memiliki cakupan geografis yang sangat luas misalnya antar kota, wilayah, dan antar negara. Biasanya jaringan WAN dimiliki oleh beberapa organisasi pengelolaan kolektif sehingga jaringan WAN tidak hanya dimiliki oleh satu organisasi saja. Teknologi yang biasanya digunakan oleh jaringan WAN adalah ATM, X.25, dan Frame Relay yang digunakan untuk konektivitas jarak jauh.

Contoh dari penggunaan WAN adalah jaringan internet yang sering kamu temui yang dapat terhubung satu dengan yang lain dalam jaringan yang sangat luas.

D. CAN – Campus Area Network

CAN (Campus Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang hanya terbatas dalam lingkup kampus atau bidang akademis dan memiliki kesamaan dengan jaringan MAN.

Contoh penggunaan jaringan komputer CAN adalah untuk praktek lab, email atau kontrak kelas baru.

E. PAN – Pearson Area Network

PAN (Personal Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang mencangkup wilayah yang lebih kecil dan jaringan yang tidak memerlukan resources yang besar. Jaringan komputer ini hanya digunakan untuk kebutuhan internet atau printer.

F. Internet

Kamu pastinya sudah tau dengan jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Jaringan komputer ini dapat menghubungkan jutaan perangkat komputer seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV dan lain-lain namun dianggap sebagai jaringan yang paling tidak aman.

Dikutip dari javaTpoint, internet adalah sarana tercepat untuk saling bertukar data dan informasi antar komputer seluruh dunia karena internet merupakan merupakan jaringan komputer global yang menghubungkan miliaran komputer di seluruh dunia dengan menggunakan paket protokol internet standar (TCP/IP).

G. VPN – Virtual Private Network

VPN (Virtual Private Network) adalah jenis jaringan komputer yang memiliki koneksi internet yang aman. Jaringan VPN ini banyak dibutuhkan oleh kantor sebagai solusi agar tetap terhubung secara aman dan dapat melaksanakan transmisi data dengan kantor cabang diluar kota.

Baca Juga : IT Solution : Definisi dan Tips Memilih IT Solution yang Tepat dan Sesuai agar Tidak Menyesal

3. Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer adalah bentuk virtual atau struktur virtual dari jaringan komputer dimana tata letak perangkatnya tidak selalu sesuai antara struktur virtual dan struktur fisiknya. Topologi jaringan terbagi dalam beberapa kategori, antara lain:

A. Bus

Topologi Bus

Topologi bus adalah topologi dengan kabel tunggal yang tiap-tiap workstation dan servernya saling terhubung. Kabel tersebut digunakan ketika suatu perangkat ingin bertukar informasi atau mengirim pesan. Tetapi, pesan yang disampaikan hanya diterima oleh penerima yang menjadi tujuannya.

B. Star atau Bintang

Topologi Star

Topologi Star atau bintang adalah topologi yang tiap-tiap workstationnya mempunyai jalur yang langsung terhubung melalui server. Topologi bintang ini banyak ditemukan pada jaringan rumah yang memiliki ciri-ciri menggunakan hub node. Topologi star ini memiliki kabel yang lebih banyak dibandingkan dengan topologi bus.

C. Ring atau cincin

Topologi Ring atau Cincin

Topologi ring atau cincin adalah topologi yang bentuknya seperti cincin atau berbentuk seperti lingkaran yang akan terbentuk ketika semua perangkat sudah terhubung. Jaringan ini dapat mengirimkan pesan melalui cincin dengan arah yang sama, bisa searah jarum jam atau berlawanan dengan arah jarum jam.

D. Mesh

Topologi Mesh

Topologi mesh adalah topologi yang umumnya dipakai dalam suatu kondisi ketika tidak adanya hubungan komunikasi yang putus secara absolut antar node pada jaringan komputer. Perangkat ini akan selalu terhubung selama masih dalam satu jaringan yang sama. Topologi mesh ini juga banyak digunakan oleh jaringan WAN seperti jaringan internet.

E. Tree atau pohon

Topologi Tree

Topologi tree atau pohon adalah topologi yang bentuknya seperti akar pohon yang merupakan perpaduan antara topologi star dan bus. Pada topologi ini hanya perangkat hub saja yang terhubung secara langsung ke bus pohon dan tiap-tiap hub nya berguna sebagai akar dari pohon.

4. Macam-Macam Perangkat dalam Jaringan Komputer

Berikut macam-macam perangkat dalam jaringan komputer :

A. Server

Server adalah perangkat yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan data dan mengelola jaringan komputer. Pada hakikatnya, server harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari client karena server digunakan untuk melayani komputer client.

B. Hub dan switch

Hub dan switch adalah perangkat yang berguna untuk menghubungkan beberapa komputer. Hub dan switch secara fisik memiliki bentuk yang sama.

c. Kabel jaringan

Kabel jaringan adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat yang satu dengan perangkat yang lainnya dalam jaringan komputer. Ada beberapa jenis kabel pada saluran jaringan yaitu : kabel coaxial, fiber optic, dan twisted pair.

D. NIC

NIC (Network Interface Card) adalah suatu LAN Card yang berguna untuk menghubungkan perangkat komputer ke suatu jaringan. Terdapat 4 jenis ethernet yaitu ethernet (10 Mbit/detik), fast ethernet (100 Mbit/detik), gigabit ethernet (1000 Mbit/detik), dan tengig (10000 Mbit/detik)

E. Router

Router adalah perangkat yang berguna untuk menghubungkan jaringan LAN ke suatu jaringan WAN. Fungsi lain dari router adalah mengatur jalannya lalu lintas pada jaringan komputer.

F. Bridge

Bridge adalah perangkat yang berguna untuk meneruskan lalu lintas antara segmen jaringan pada sebuah data link.

G. Repeater

Repeater adalah perangkat yang berguna untuk memperkuat sinyal pada jaringan komputer yang akan terbentuk jika terdapat suatu sinyal jaringan yang terhalang masuk oleh objek lain.

H. Modem

Modem adalah perangkat yang berguna untuk menghubungkan perangkat komputer dengan Internet Service Provider (ISP) atau penyedia layanan internet.

I. Wireless Card

Wireless card adalah perangkat yang dapat kamu gunakan jika kamu ingin menangkap sinyal atau terhubung ke jaringan wireless.

5. Manfaat jaringan komputer

1. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk berkolaborasi dan berbagi informasi dengan mudah. Jika kita bekerja dalam sebuah tim, jaringan komputer memungkinkan kita untuk bekerja bersama-sama dan berbagi informasi secara real-time, tanpa harus berkumpul dalam satu ruangan. Ini membuat proses kerja menjadi lebih cepat dan efisien. 

2. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja. Dengan jaringan komputer, kita bisa mengakses informasi yang kita butuhkan meskipun kita berada jauh dari kantor atau tempat kerja. Hal ini membuat kita lebih produktif dan memungkinkan kita untuk bekerja dari mana saja yang kita inginkan. 

3. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk menghemat waktu dan biaya. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk berbagi data dan file dengan mudah, sehingga kita tidak perlu mengirimkan data melalui pos atau mengunduh file yang besar melalui email. Ini membuat proses bisnis menjadi lebih cepat dan menghemat biaya. 

4. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk meningkatkan keamanan informasi. Jaringan komputer memungkinkan kita untuk menyimpan informasi dan data dengan aman dan membatasi akses ke informasi yang sensitif. Ini membuat informasi dan data kita lebih terlindungi dari akses yang tidak sah. 

Jika kamu tertarik mempelajari lebih dalam tentang jaringan komputer setelah membaca penjelasan diatas, jangan ragu untuk menghubungi kami di sales@grahakarya.com Atau bagi kamu yang ingin mendapatkan sertifikasi di bidang network atau jaringan, tidak ada salahnya ikut pelatihan gratis kami dulu di Public Training CCNA Batch 5