Pengertian Google Sheets: Fungsi, Fitur, dan Plus Minus

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar “salah satu aplikasi Spreadsheet?” Ya, pasti jawaban yang paling utama adalah Microsoft Excel. 

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Dimana Anda dapat melakukan perhitungan matematika, membuat grafik, serta menyajikan informasi dalam bentuk yang terstruktur.

Namun tahukah Anda Microsoft memiliki saingan aplikasi Spreadsheet yang tak kalah canggihnya dengan Microsoft Excel? Aplikasi tersebut bernama Google Sheets. 

Aplikasi ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2006 yang menjadi bagian dari Google Drive dan bernama Google Docs.

Perbedaan utama Google Sheets dan Microsoft Excel terlihat jelas pada penggunaan dan penyimpanannya.

Microsoft Excel digunakan secara online dan penyimpanannya terintegrasi pada Cloud Storage (Online), sedangkan Google Sheets digunakan secara offline dan dapat disimpan secara offline atau saat ini juga tersedia versi Cloud Storage dari OneDrive. 

Tapi, jika Anda ingin lebih tahu mengenai pengertian, fungsi, fitur utama, dan plus minusnya Google Sheets, Simak disini!

Apa itu Google Sheets 

Pengertian Google Sheets

Google Sheets adalah aplikasi Spreadsheets milik Google yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola lembar kerja seperti halnya aplikasi spreadsheet lainnya.

Namun, perangkat lunak berbasis cloud computing ini memiliki keunggulan dalam membantu Anda berinteraksi dan berkolaborasi antara pengguna secara real-time.

Selain itu, hal yang membedakan software ini dengan Microsoft Excel atau Numbers adalah penggunaannya mengandalkan koneksi internet, sehingga membuat Google Sheet lebih ringan saat digunakan.

Pastinya, Anda juga dapat menggunakan Google Sheets secara gratis yaa.

Baca juga: Fitur-fitur Tersembunyi Microsoft Excel yang Belum Kamu Ketahui

Fungsi Google Sheets           

1. Untuk mengolah data

Google Sheets memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Excel yaitu Anda dapat membuat, mengedit, mengurutkan, dan memanipulasi data dalam bentuk lembar kerja.

Selain itu juga, Anda dapat membuat grafik, tabel, dan berbagai elemen lainnya untuk mengolah data dengan lebih efiesien.

Pada Perusahaan, Google Sheet bisa digunakan untuk membuat laporan penjualan, laporan laba-rugi, laporan piutang, laporan keuangan, dan lain-lain. 

2. Melakukan perhitungan angka

Selain dapat mengolah data, fungsi lain dari Google Sheets adalah dapat melakukan perhitungan matematis seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, nilai maximum, nilai minimum, rata-rata, dan sebagainya.

Untuk membuat laporan keuangan, pastinya perhitungan semacam ini sangat penting digunakan. Agar mempermudah perhitungan rumit dan dan mengelola angka dalam lembar kerja.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami rumus untuk menghitung angka berdasarkan kolom dan baris pada Google Sheets.

3. Membuat grafik dan diagram

Selain melakukan perhitungan matematis, Google Sheets juga dapat membuat grafik dan diagram dari data yang sudah Anda buat.

Dengan begitu, Anda dapat mengindentifikasi dengan cepat pola, tren, dan perbandingan antara data dari waktu ke waktu.

Lebih lanjut, menggunakan grafik dan diagram dapat membantu Anda dalam pengambilan keputusan secara tepat.

Baca juga: 2 Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Mudah, Dijamin Bikin Menarik

Fitur Unggulan Google Sheets

Fitur Google Sheets

Aplikasi pengolah angka berbasis web ini menawarkan berbagai macam fitur unggulan, seperti kolaborasi antar pengguna, terintegrasi dengan google form, editing secara real-time,dan ada catatan perubahan. Lebih jelasnya, Simak pembahasannya di bawah ini!

Kolaborasi antar pengguna: Google Sheets memungkinkan Anda untuk melakukan kolaborasi dengan rekan kerja lain secara real-time. Dengan hanya menambahakn email anggota lain atau bisa melalui fitur Share atau Bagikan yang terdapat pada pojok kanan atas.

1. Terintegrasi dengan Google Form: ketika membuat survey menggunakan Google Form, Anda bisa mendownload hasilnya dengan beberapa format yaitu .xlsx, .csv, .ods termasuk juga .pdf

2. Editing secara real-time: Google Sheet adalah aplikasi berbasis komputasi awan atau cloud computing sehingga perubahan apapun dilakukan secara real-time tanpa harus menyimpan dokumen secara manual dengan menekan tombol CTRL+S.

3. Ada catatan perubahan: Anda dapat melihat riwayat revisi yang dilakukan baik itu penambahan atau pengurangan dari dokumen yang dibuat. Jika terdapat lebih dari satu pengguna pada dokumen tersebut akan terlebih siapa Author yang menambahkan dan mengedit data.

Kelebihan dan Kekurangan Google Sheets

Pada dasarnya, setiap aplikasi yang ada tentunya memiliki plus dan minusnya ya. Nah, Anda perlu ketahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari Google Sheets agar menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakannya

1. Kelebihan Google Sheets

1. Gratis dan berbasis web: Google Sheets dapat digunakan secara gratis tanpa harus menginstal perangkat lunak tambahan.

2. Memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar: Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB untuk menyimpan dokumen-dokumen G Suite.

3. Dapat diakses kapan pun dan dari mana pun: Anda dapat mengakses Google Sheets kapan pun dan dari mana pun asalkan terhubung ke jaringan internet. Selain itu, Anda juga dapat mengakses dalam berbagai perangkat, seperti komputer, smartphone, dan tablet.

4. Support berbagai browser web: Anda bisa menggunakan aplikasi ini menggunakan browser web populer seperti Google Chrome, Internet Explorer, hingga Apple Safari.

5. Mempunyai tingakat keamanan yang baik: Google menjamin perlindungan pada setiap dokumen yang dibuat, sehingga pihak lain tidak dapat mengakses dokumen tanpa persetujuan akses oleh pengguna.

2. Kekurangan Google Sheets

1. Pelunya koneksi internet: penggunaan Google Sheets yang memerlukan koneksi internet tentunya akan menjadi suatu hambatan. Meskipun dapat men-download file ke dalam perangkat , tentunya Anda tidak bisa menggunakan fitur-fitur unggulannya.

2. Kurangnya fitur profesional: untuk fitur standar, Google Sheets memiliki fitur lebih dari cukup. Tetapi, jika Anda melakukan pekerjaan dengan mengolah data dan angka yang sangat kompleks Google Sheets bukanlah aplikasi yang cocok untuk Anda. Banyak fitur-fitur profesional yang tidak disediakan oleh aplikasi ini salah satunya adalah forecasting.

3. Belum tersedia versi desktop: Program ini hanya tersedia dalam versi web, iOS, Android, Chrome OS. Namun sayangnya, Google Sheets belum tersedia dalam versi desktop seperti Windows, Mac, atau Linux.

Baca juga: Cara Membuat Pivot Table di Excel dari Nol Dengan Mudah

Itulah penjelasan singkat dari MinKi tentang Google Sheets yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui hal ini, Anda memiliki opsi aplikasi untuk meningkatkan pekerjaan Anda.

Pelajari Skill Lainnya dengan Pelatihan IT di Graha Karya Informasi

Dalam era digital yang terus berkembang, pentingnya mempelajari keterampilan Teknologi Informasi (IT) menjadi semakin nyata. IT bukan lagi sekedar pilihan, tetapi suatu keharusan.

Mempelajari Skill IT adalah investasi yang sangat berharga. Itu bukan hanya tentang karir, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas hidup dan beradaptasi dengan perubahan.

Yuk, ikuti pelatihan IT di Graha Karya Informasi dan rasakan banyak manfaatnya. Hubungi kontak di bawah ini:

 Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 51000082            

Jika Anda ingin informasi lain yang tentunya bermanfaat untuk Anda. Anda bisa membaca Graha Blogs di Graha Karya Informasi.