Pengertian Cache Memory: Fungsi, Jenis, Serta Cara Kerjanya

Apakah Anda pernah mendengar isitlah cache memory? Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mendengar bahkan memahami apa itu cahce memory

Cache memory adalah memori yang memiliki peran penting dalam mempercepat akses data yang digunakan oleh prosesor.

Lebih sederhananya begini, cache memory akan menyimpan berbagai macam situs yang pernah Anda kunjungi. Fungsinya untuk apa sih?

Nah, di artikel ini akan kita bahas mengenai pengertian, fungsi, jenis, serta bagaimana cara kerja dari cache memori. Simak rangkumannya disini!

Apa itu Cache Memory

Cache Memory Diagram

Cache memory adalah sebuah static random access memory atau SRAM yang terletak di antara CPU dan RAM dalam sistem komputer.

Memory cache ini berukuran kecil yang dapat menyediakan akses data secara cepat ke prosesor.

Pada dasarnya, cache memory itu menyimpan salinan data komputer, aplikasi, dan program yang sering digunakan sementara. Hal inilah yang membuat proses pengambilan data dari cache memory lebih cepat dan mudah.

Singkatnya begini, ketika prosesor mengakses data untuk pertama kalinya pada suatu komputer maka data itu akan dimasukan ke dalam cache memory.

Jika data itu akan diakses lagi, maka perangkat akan melihat apakah salinan datanya tersedia di cache memory atau tidak. Apabila tersedia, maka akan langsung diakses sehingga kecepatannya meningkat.

Apabila tidak tersedia, maka RAM dan hardisk lah yang akan diakses oleh prosesor. Jadi, cache memory dapat mempersingkat waktu pemrosesan data.

Lebih lanjut, semakin besar kapasitas cache memory yang Anda miliki maka akan semakin cepat dan efisien pula kinerja perangkatnya.

Nah, perlu Anda ketahui juga jika biaya pemasangan cache memory lebih mahal dari RAM lho karena ukurannya yang sangat kecil.

Fungsi Cache Memory

Setelah mengetahui apa itu cache memory, kini kita akan membahas apa fungsi dari cache memory?

Cache memory memiliki dua fungsi utama, antara lain:

1. Meningkatkan kecepatan akses data

Cache memory memungkinkan akses data yang lebih cepat oleh prosesor. Data yang disimpan di cache adalah data yang paling sering digunakan atau memiliki kemungkinan digunakan berulang kali.

2. Mengurangi beban memori utama

Dengan menyimpan salinan data di cahce, beban memori utama berkurang. Data yang sering diakses akan diambil dari cache, sehingga mengurangi frekuensi akses langsung ke memori utama. Hal ini membantu meningkatkan kinerja sistem menjadi efiesien.

Jenis-jenis Cache Memory Yang Ada

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa caching adalah proses menyimpan data sementara agar dapat diakses secara cepat.

Sebenarnya, caching itu memiliki berbagai macam jenis. Nah, salah satunya itu cache memory.

Disini, akan dibahas apa saja jenis-jenis cache lain yang ada selain cache memory.

1. Cache Disk

Disk cache adalah jenis cache memory yang digunakan untuk menyimpan dan mengakses data dari hard disk dengan kecepatan yang tinggi.

Cache disk dapat membaca atau menulis, memerintah, memproses input dan output lebih cepat dari hard disk. 

2. Web Cache

Web cache adalah mekanisme penyimpanan sementara oleh browser web untuk menyimpan salinan halaman, gambar, dan konten lainnya.

Tujuannya utamanya web cache adalah untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh konten dari server aslinya sehingga mempercepat akses ke situs webnya.

Ketika Anda mengakses halaman web yang sama dari server aslinya, maka web cache akan mengirimkan kontennya agar Anda dapat mengakses kontenya lebih cepat.

3. Cache Server

Cache server adalah server atau sebuah jaringan khusus yang berfungsi khusus untuk menyimpan data seperti halaman web, gambar, video dan berkas lainnya secara lokal .

Dengan adanya cache server, Anda dapat mengakses data dengan lebih cepat dan mengurangi beban kerja bandwitch. 

Pada cache sever, Anda dapat mengakses dokumen dan file secara online atau offline.

Baca juga: 7 Rekomendasi Layanan VPN Terbaik Untuk Menjaga Datamu

Level Cache Memory Yang Harus Diketahui

Selain ada jenis-jenisnya, cache memory juga ada levelnya lho. Apa sajakah itu? Yuk, Simak penjelasannya singkatnya

1. Internal Cache (Level 1)

Cache L1 adalah cache yang paling dekat dengan CPU. Memiliki ukuran sekitar 8KB sampai 128KB. Meskipun ukurannya relatif kecil, cache L1 ini memiliki kecepatan akses yang sangat tinggi dan harganya yang relatif mahal.

2. External Cache (Level 2)

Memiliki ukuran yang lebih besar daripada cache L1 yaitu 256KB sampai 2MB. Cache L2 terletak sedikit lebih jauh dari processor. Meskipun lebih lambat dari L1, cache L2 tetap memberikan akses yang lebih cepat dari pada memory utama.

3. Main Memory (Level 3)

Memori cache ketika komputer itu dijalankan. Mempunyai ukuran yang lebih kecil dan ketika komputer Anda dimatikan, maka data yang tersimpan pada cache L3 akan hilang.

4. Secondary Memory (Level 4)

Cache L4 atau secondary memory adalah memori yang tidak terpasang pada CPU. Untuk kecepatan, secondary memory juga lebih lambat dari cache memory lainnya. Tetapi, cache ini dapat menyimpan data secara permanen.

Cara Kerja Cache Memory

Cache memory beroperasi dengan membaca dan menyimpan data yang sering digunakan ke dalam memori yang lebih kecil, lebih cepat dan tentunya lebih mahal dari RAM.

Ketika CPU memerlukan data tersebut untuk diakses, maka cache memori adalah tempat pertama yang dicari.

Apabila datanya yang diminta tidak ditemukan pada cache memori, maka CPU akan mencarinya pada RAM atau hard disk.

Selain itu, cache memory memiliki berbagai macam ukuran mulai dari kilobyte (KB) sampai dengan megabyte (MB). 

Nah, itulah penjelasan soal apa itu cache memory sampai dengan cara kerjanya agar membantu Anda mempercepat untuk mengakses suatu data.

Dengan memahami mengenai cache memory maka dapat membantu Anda dalam mendapatkan sistem kerja komputer secara maksimal.

Tingkatkan Efisiensi Operasional Teknologi Anda dengan Jasa IT Kami

Dengan cara kerja cache memory yang dapat mempercepat pengaksesan data yang dilakukan oleh prosesor. 

Disamping Anda menggunakan cache memory yang bagus, pastikan juga menggunakan server terunggul dan terbaik guna menjamin kelancaran aplikasi dan situs web Anda.

Temukan solusi  atas permasalahan IT anda di Graha Karya Informasi, Kami menyediakan beragam Jasa IT mulai dari Desktop Support, IT Maintenance, IT Manage Service, sampai dengan Data Center dan Cabling Management.

Yuk, segera hubungi tim Sales kami melalui:

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 51000082

Pelajari beragam artikel teknologi lainnya yang bisa membantu Anda dengan klik disini ya