Menggunakan VPN Bisnis? Berikut Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih

Seiring terjadi kebocoran dan pencurian data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, banyak pelaku bisnis atau perusahaan yang semakin memperhatikan tingkat keamanan data dan sistem yang mereka gunakan. Menggunakan VPN adalah salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk melindungi sistem keamanan jaringan di perusahaan.

Tetapi apakah penggunaan VPN pada bisnis aman digunakan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Yuk temukan jawabannya di artikel ini.

1. Mengapa banyak bisnis menggunakan VPN

VPN adalah layanan internet yang membuat koneksi terenkripsi antara pengguna dan server secara aman. VPN dapat menghubungkan pengguna ke jaringan internal perusahaan atau jaringan internet secara aman.

Melansir dari Cloudflare bahwasanya alasan mengapa perusahaan menggunakan VPN agar memudahkan akses karyawan yang bekerja secara remote atau work from home ke data internal perusahaan, atau membuat satu jaringan yang bersama untuk beberapa kantor yang berbeda. Tujuan utamanya ini adalah mencegah tereksposnya data perusahaan ketika mengakses jaringan internet secara public.

Mengapa hal ini perlu dilakukan oleh pelaku bisnis atau perusahaan? Kita ambil contoh : jika seorang karyawan sedang bekerja jarak jauh (work from home) atau bekerja secara remote, mereka dapat langsung menyambungkan komputer dan perangkat seluler mereka ke jaringan internal perusahaan. Namun, jika koneksi ke jaringan internal harus melewati jaringan internet publik maka akan berpotensi mendapatkan serangan dari jalur luar karena tereksposnya log aktivitas mereka. Melakukan enkripsi lalu lintas VPN bisnis dapat membuatnya lebih aman dari serangan.

2. Bagaimana bisnis menggunakan VPN?

Terdapat 3 cara penggunaan VPN oleh bisnis yaitu :

a. Site to site VPN

Site-to-site VPN adalah jaringan privat internal untuk perusahaan dengan lokasi yang lain secara terpisah secara geografis. Hal ini memungkinkan karyawan untuk berbagi sumber daya di jaringan internal secara berbeda dengan lancar dan aman.

b. Client VPN atau VPN terbuka

Pada Client VPN, terdapat administrator yang memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan dan melakukan konfigurasi layanan VPN. File konfigurasi tersebut akan didistribusikan ke klien yang membutuhkan akses tersebut. Selanjutnya klien dapat membangun koneksi VPN dari komputer atau perangkat seluler local ke jaringan perusahaan.

c. SSL VPNA

SSL VPNA atau kepanjangan dari dari Secure Sockets Layer Virtual Private Network – SSL VPN dapat memberikan akses jarak jauh yang aman melalui portal web yang diamankan oleh SSL antara perangkat privat dan jaringan kantor. SSL VPN menjadi opsi yang lebih hemat biaya ketika setiap anggota memiliki tim jarak jauh dengan ukuran yang sangat besar.

3. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih VPN untuk bisnis kamu?

Sebelum kamu memutuskan VPN apa yang akan kamu gunakan untuk bisnis kamu, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain :

a. Kualitas VPN yang digunakan

Tiap – tiap VPN memiliki kelebihannya masing-masing baik itu dari sisi anonimitas, keamanan, kecepatan sampai dengan enkripsinya. VPN yang tidak menyimpan log aktivitas dan memiliki enkripsi yang aman biasanya menjadi pilihan para pelaku bisnis. Kamu harus benar – benar memperhatikan VPN apa yang dibutuhkan oleh bisnis kamu, jangan lupa untuk memeriksa protokol keamanannya.

b. Memilih VPN yang kompatibel dengan perangkat yang ada di bisnis kamu

Tidak semua produk VPN dapat mendukung semua perangkat yang ada, maka dari itu sebelum kamu memutuskan untuk memilih VPN pastikan VPN tersebut kompatibel dengan semua perangkat yang digunakan pada bisnis kamu seperti windows, android, iOS, Mac, dan Linux.

c. Harga VPN

Jika kamu ingin menggunakan VPN maka ada 2 pilihan: VPN gratis atau VPN berbayar. VPN gratis memiliki keterbatasan dalam kapasitas sehingga kamu akan sulit melayani bisnis kamu dengan baik. Akan lebih disarankan untuk kamu menggunakan VPN berbayar dalam menjalankan bisnis kamu. Kamu bisa menyesuaikan fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan budget perusahaan sebelum membeli VPN. Pastikan bahwa fitur yang diberikan sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu dan jangan sampai tertipu oleh perusahaan penyedia jasa VPN.

d. Kredibilitas perusahaan penyedia jasa

Sebelum membeli VPN pada perusahaan penyedia jasa kamu harus memastikan bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas dan terpercaya karena kamu menyerahkan segala solusi mulai dari mengamankan koneksi, menjaga data terenkripsi dan melindungi log aktivitas bisnis kamu dari penyusup.

F-Secure mengatakan bahwa solusi dari suatu VPN adalah keamanan dan privasi online, jadi ketika kamu memilih penyedia jasa mintalah transparansi dan latar belakang yang layak dalam keamanan dunia.

e. After sales service atau VPN dengan layanan pelanggan

Teknologi yang makin berkembang dan terus berubah secara dinamis, tak terkecuali dengan VPN. Kamu harus memastikan bahwa penyedia jasa VPN memiliki layanan pelanggan (after sales service) karena bisa membantu bisnis kamu saat menghadapi kesulitan, hambatan atau bahkan penambahan fitur baru. Pertimbangkanlah penyedia jasa VPN yang memiliki layangan pelanggan 24/7.

Demikianlah penjelasan secara singkat mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih layanan VPN. 

VPN digunakan oleh bisnis untuk melindungi keamanan data perusahaannya untuk itu kamu harus memperhatikan hal-hal seperti kualitas, harga, kredibilitas sampai dengan after sales service layanan VPN.

Tidak hanya VPN aja lho yang harus diperhatikan ketika ingin membeli dari sebuah jasa penyedia layanan. Untuk Jasa IT lainnya kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang serupa.

Jasa IT yang pastinya sudah terpercaya tentunya ada di PT Graha Karya Informasi. Kamu bisa menghubungi tim sales kami di dept.sales@grahakarya.com untuk informasi lebih lanjut.

Dapatkan artikel lainnya hanya di Graha Karya Informasi Blog!