Mengenal Apa Itu Microsoft 365 Beserta Fiturnya yang Mempermudah Pekerjaanmu

Kamu mungkin tidak asing lagi mendengar kata Microsoft. Tapi, apakah kamu pernah mendengar kata Microsoft 365? Yaps, Microsoft 365 adalah produk layanan yang dikeluarkan oleh Microsoft dan menjadi salah satu layanan unggulan dari perusahaan tersebut.

Microsoft 365 dibuat yang tujuan untuk membantu seseorang dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat meningkatkan kinerja dan mempermudah pekerjaannya.

Jadi, apakah kamu tahu apakah itu Microsoft 365 dan fitur-fitur yang ada didalamnya? Nah, disini minmin akan menjelaskannya melalui artikel ini!

1.  Apa itu Microsoft 365

Microsoft 365 adalah salah satu produk dari Microsoft yang merupakan bagian dari Microsoft Office. Microsoft 365 memiliki 2 fasilitas yaitu: software Microsoft Office  (word, excel, powerpoint, dll) dan software berbasis komputasi awan (SharePoint dan Skype For Business Server).

Melansir dari pcmag, Microsoft 365 adalah nama yang saat ini digunakan oleh Microsoft yang mana sebelumnya dikenal sebagai Office 365.

Mulanya Microsoft mengeluarkan Office 365  pada 28 Juni 2011 sebagai pengganti Microsoft Business Productivity Online Suite (BPOS) yang hanya digunakan oleh korporat. 

Seiring berjalannya waktu Microsoft melebarkan sayapnya agar Office 365 dapat digunakan oleh kalangan bisnis dan umum.

Tepatnya pada tanggal 21 April 2020, Microsoft resmi mengganti nama Office 365 menjadi Microsoft 365.

2. Fitur – Fitur Microsoft 365

Microsoft 365 memiliki beberapa fitur yang dapat kamu manfaatkan lho. Secara umum, Microsoft 365 memiliki fitur Aplikasi Office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint dll. Namun, ada lagi nih fitur-fitur yang lainnya. Apa saja? Berikut rangkumannya :

A. Outlook

Outlook adalah fitur dari Microsoft 365 yang umumnya digunakan untuk membaca, mengirim dan menerima email.

Selain itu outlook dapat juga digunakan untuk membuat catatan, melakukan schedule kalender dan schedule jadwal kerja.

Outlook dibagi menjadi beberapa bagian yaitu : Outlook Mail, Outlook Calendar, Outlook People, dan Outlook Task.

B. OneDrive – 1 TB

OneDrive adalah fitur Microsoft 365 yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan data berbasis cloud. Sama halnya dengan Google Drive, kamu juga bisa mengakses secara virtual. 

Menurut Hongkiat, OneDrive adalah penyimpanan berbasis cloud yang aman yang memungkinkan kamu untuk melakukan penyimpanan sebesar 1 TB.

Pada OneDrive kamu juga bisa melakukan editor via web untuk dokumen Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, dan OneNote.

C. Microsoft Teams

Microsoft teams adalah fitur yang digunakan untuk kolaborasi dan berkomunikasi antar tim dalam suatu pekerjaan. Selain itu, Microsoft Teams juga memudahkan kamu untuk melakukan sharing file bersama tim, melakukan video call, sampai dengan rapat online. 

Dikarenakan Microsoft Teams terhubung langsung dengan Microsoft 365 sehingga memudahkan kamu untuk mengatur jadwal dan berbagai file yang dikirimkan

D. Editing PDF

Dokumen PDF adalah dokumen yang sering ditemui dalam suatu pekerjaan. Melalui Microsoft 365 kamu akan dimudahkan untuk melakukan editing dokumen dalam format PDF tanpa harus mengkonversinya ke word. Selanjutnya, kamu juga dapat mengubah format dokumen dari PDF ke word dengan mudah.

E. Planner

Planner adalah fitur yang digunakan untuk membuat rencana atau schedule tugas, membuat kapan tenggat waktu tugas kamu harus diselesaikan, sampai dengan menampilkan status dari tugas kamu sehingga dapat mempermudah pekerjaan kamu dan pekerjaan yang dilakukan secara berkelompok.

3. Paket Langganan Microsoft 365

Microsoft 365 memiliki beberapa paket langganan yang dapat kamu nikmati sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut ini paket langganan Microsoft Office 365 :

A. Paket personal

Paket yang hanya digunakan oleh satu orang atau satu komputer. Dengan paket personal, kamu dapat mengakses ke Microsoft Word, Excel, PowerPoint, OneNote, Outlook, Publisher dan Microsoft Access

Keuntungan lainnya kamu mendapatkan penyimpanan OneDrive sebesar 1 TB dan panggilan Skype selama 60 menit.

B. Paket Home

Paket home adalah paket yang sama dengan paket personal tetapi bedanya bisa digunakan hingga 5 (lima) orang.

C. Paket Business Basic

Paket business adalah paket yang ditawarkan oleh Microsoft 365 dimana kamu bisa mengakses SharePoint, e-mail (Exchange), Microsoft Teams dan juga dapat mengakses aplikasi Outlook, Word, Excel, PowerPoint, OneNote melalui aplikasi seluler versi office online.

D. Paket Business Standard

Paket Business Standard adalah paket yang terdapat aplikasi office untuk  Windows, Mac, dan aplikasi seluler dan terdapat layanan Exchange, MileIQ, SharePoint, Microsoft Booking, dan Teams yang di hosting yang dapat diakses sebanyak 5 perangkat komputer, tablet, dan ponsel.

E. Paket Enterprise

Paket Enterprise adalah paket yang menawarkan ke semua akses aplikasi office, layanan yang di hosting, ditambah dengan kepatuhan hukum dari perusahaan itu sendiri. Paket ini sangat cocok digunakan untuk lingkungan perusahaan.

4. Harga Microsoft 365 terbaru

Microsoft membandrol berbagai macam harga jenis paket Microsoft 365. Berikut daftar harganya :

A. Microsoft 365 Family

Microsoft 365 Family di bandrol dengan harga yaitu Rp 1.299.999/tahun atau kamu cukup membayar Rp 129.999/bulan.

B. Microsoft 365 Business Basic

Microsoft 365 Business Basic dibanderol dengan harga yaitu Rp 46.920/bulan (belum termasuk pajak)

C. Microsoft 365 Business Standard

Microsoft 365 Business Standard dibanderol dengan harga yaitu Rp 156.400/bulan (belum termasuk pajak).

D. Microsoft 365 Business Premium

Microsoft 365 Business Premium dibanderol dengan harga yaitu Rp 282.162/bulan (belum termasuk pajak).

E. Aplikasi Microsoft 365 untuk bisnis

Aplikasi Microsoft 365 untuk bisnis dibanderol dengan harga yaitu Rp 282.162/bulan (belum termasuk pajak).

itulah ragam-ragam dari Microsoft 365 yang wajib kamu ketahui. Dapat disimpulkan bahwa Microsoft 365 adalah produk yang dikeluarkan oleh Microsoft yang dapat menjadi alternatif buat kamu melakukan pengolahan data dan dapat digunakan secara tim.

Fyi, PT Graha Karya Informasi menyediakan Training IT khusus untuk Microsoft 365 lho. Jadi, buat kamu yang mau memperdalam atau mengenal mengenai Microsoft 365 bisa langsung kontak E-mail dan Telpon dibawah ini ya : 

Email : sales@grahakarya.com

Telp : (021) 30066518

Kamu bisa baca artikel lainnya tentang Training IT, Sertifikasi IT dll melalui Blog PT Graha Karya Informasi