IG LIVE: JOB INTERVIEW HACK

Pada hari Sabtu, 26 Februari 2022 yang lalu, tim Human Resources Department (HRD) PT. Graha Karya Informasi telah berhasil melaksanakan IG Live pertamanya yang bertajuk “Job Interview Hack”. Acara ini disampaikan oleh narasumber yang ahli dibidangnya yaitu Fitria Ratnasary selaku HRGAL Manager di PT. Graha Karya Informasi dan dipandu oleh Diana Yurika selaku Recruitement Specialist.  Acara ini berjalan dengan lancar dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta yang join dan memberikan pertanyaan dalam IG Live tersebut. Rencananya, program IG Live ini akan terus berjalan selama 1 tahun kedepan. Berikut ini merupakan rangkuman materi yang disampaikan pada program “IG Live: Job Interview Hack”. Yuk simak artikel selengkapnya!

Dalam meniti karir, semua orang mulai dari level fresh graduate maupun yang sudah berpengalaman pasti akan melalui tahapan interview kerja. Tahapan ini merupakan waktu dimana banyak orang dapat menunjukan potensi dan kemampuan mereka kepada pihak pewawancara, seperti kepada HRD atau calon user. Namun, tidak sedikit orang yang sudah melakukan interview berkali-kali tapi tidak pernah lolos. Untuk membantu permasalahan kalian agar bisa melewati proses interview dengan baik dan juga menyederhanakan proses interview, kami memberikan tips dan trik interview yang dikemaslewat acara “IG Live: Job Interview Hack”.

Pertama-tama, kalian harus menyadari pentingnya mempersiapkan diri dengan baik sebelum dilakukannya proses interview. Ada 3 keuntungan jika kalian mempersiapkan diri kalian sebaik-baiknya sebelum proses interview: 

  1. Meningkatkan Confident (kepercayaan diri)
  2. Reduce (mengurangi) stress
  3. Menciptakan first impression (kesan pertama) yang baik

Ada 10 hal yang perlu dipersiapkan jika kalian akan melakukan proses interview, namun kami hanya merangkumkan 6 poin saja, untuk lebih lengkapnya bisa kalian saksikan di youtube channel kami ….:

1. Riset perusahaan

Riset tentang profile perusahaan, visi dan misi, bergerak dibidang apa, lokasi dan budaya perusahaan itu seperti apa penting dilakukan karena dapat menjadikan acuan mengenai kostum yang akan kalian gunakan ketika interview, misalnya di perusahaan start-up kalian bisa interview memakai kostum kasual. Hal ini juga berkaitan dengan time management kalian agar kalian bisa datang tepat waktu jika kalian telah mencari tahu lokasi perusahaan tersebut.

2. Pakaian

Pilihan pakaian yang digunakan ketika interview juga berhubungan erat dengan hasil riset tentang perusahaan. Umunya jika melakukan interview di perusahaan yang sudah berdiri sejak lama, pakaian formal bisa menjadi pilihan. Sedangkan jika melakukan interview di perusahaan start-up, umunya pakaian kasual bisa menjadi pilihan. Baik formal maupun kasual, kalian tetap harus memperhatikan kerapihan dan kesopanan.

3. Persiapkan berkas dengan baik

Meskipun saat ini adalah zaman paperless, namun sebelum dilakukannya interview sebaiknya kalian mempersiapkan berkas dengan baik, agar sewaktu-waktu jika berkas tersebut diminta oleh pihak HRD, kalian tidak cemas akan hal itu. Kenapa sih harus mempersiapkan berkas? Karena, hal itu bisa saja menjadi poin plus bagi kalian yang memang sudah mempersiapkan berkas (CV dan Portofolio) lamaran dengan baik tanpa diminta. 

4. Riset posisi yang dilamar

Jangan sampai kalian tiba ditempat wawancara dengan kepala kosong. Mencari tahu tentang job description dari posisi yang dilamar itu penting sehingga memungkinkan kalian mengajukan pertanyaan yang lebih spesifik ke interviewer. Pertanyaan yang lebih spesifik akan menunjukkan kalau kalian memang benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

5. Kenali diri

Pernah tidak kalian ketika ditanya soal kelebihan dan kekurangan ketika interview? Pertanyaan ini sepertinya menjadi pertanyaan yang wajib ditanyakan oleh pihak interviewer kepada kandidat, dan bagi kalian yang tidak mengenali dirimu sendiri akan menjadi pertanyaan yang menyulitkan untuk dijawab, benerkan? Cobalah belajar untuk mengenali dirimu sendiri, karena ini juga merupakan kesempatan untuk self-branding bagi kalian sehingga interviewer yakin untuk menerima kalian.

6. Cari dan pelajari pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan

Salah satu hal yang penting dalam interview adalah mencari dan mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang umumnya ditanyakan oleh interviewer kepada kandidat. Ada banyak contoh pertanyaan yang bisa kalian dapat di internet dan bisa kalian jadikan acuan jika pertanyaan tersebut muncul sewaktu kalian wawancara. Setelah kalian mencari dan mempelajari pertanyaan tersebut, kalian bisa melakukan latihan, baik itu latihan didepan cermin atau didepan temanmu sendiri, hal ini dilakukan agar kalian tidak gugup selama proses interview berlangsung.

Setelah kalian mencari tahu tentang pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul dalam interview, kalian tentu perlu mempelajari bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut. Berikut kami bagikan sedikit bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut:

1. Ceritakan tentang dirimu.

Ceritakan singkat mengenai profile diri kalian. Apa saja hal yang perlu diceritakan? Kalian boleh saja menceritakan hal-hal yang ada CV kalian, etsss tapi jangan kalian bacakan sama persis semuanya yaa. Maksudnya begini “saya merupakan lulusan dari universitas A, setalah itu saya berkerja di PT B sebagai seorang Recruitment, di PT tesebut saya berkerja bersama 2 orang teman saya yang dimana saya banyak mendapatkan tantangan tetapi dari tantangan tersebut saya mampu untuk melewatinya sehingga saya pernah diangkat menjadi Manager di PT tersebut”. Secara tidak langsung kalian menceritan keunggulan kalian dipertanyaan ini.

2. Apa yang kalian ketahui tentang perusahaan ini?

Sesuai dengan poin diatas mengenai hal yang perlu dipersiapkan sebelum dilakukan interview. Kenali dulu perusahaan kalian, cari tahu mengenai visi dan misinya, perusahaannya bergerak dibidang apa, jangan sampai ketika kalian ditanya malah kalian diam dan tidak tahu mengenai perusahaan tersebut. Karena jika kalian bisa menceritakan tentang perusahaan yang kalian lamar, itu menunjukkan bahwa kalian benar-benar tertarik dan serius melamar di perusahaan tersebut.

3. Apakah kalian sedang diproses diperusahaan lain?

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur. Kalian bisa menjawab dengan kalimat “Iya, sekarang saya sedang diproses juga oleh perusahaan A, B, dan C dan sudah sampai ditahap user”. Kenapa harus jujur? Karena jika kalian cocok dengan kriteria lowongan, pihak HRD, maupun user, maka pihak HRD akan berlomba-lomba untuk dapat mempercepat proses hire kalian.

4. Apa kelebihan dan kekurangan kalian?

Apa sih tujuan dari pertanyaan tersebut? Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah melihat karakter dan kepribadian kalian secara keseluruhan, dan apakah kalian pasrah dengan kekurangan kalian. Pertanyaan ini bisa dijawab dengan jujur contohnya “saya adalah seorang yang pelupa Bu/Pak, tetapi saya selalu membuat to do list mengenai apa yang harus saya lakukan dan saya kerjakan”. Tipsnya untuk menjawab pertanyaan ini adalah jawablah dengan jujur tetapi sertakan juga usaha kalian untuk memperbaiki kekurangan kalian.

Selain pertanyaan diatas, masih ada pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan oleh interviewer. Kalau kalian penasaran, yuk tonton lengkapnya di channel youtube kami “…”. Disana kami bagikan juga bagaimana cara menjawab pertanyaan lain seperti pertanyaan tentang gaji, alasan resign, cara menghadapi tekanan, dan lainnya.

Sekian rangkuman materi tentang “Job Interview Hack”, semoga dapat memberi manfaat dan membantu kalian dalam melaksanakan proses interview. Semangaaatt and see you at the next event!