Contoh CV Network Engineer dan Tips Penulisan yang Benar

Adakah dari kamu yang tertarik untuk menjadi network engineering? Atau mungkin ingin switch career

Supaya bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan, kamu bisa meniru contoh CV Network Engineer dan gimana sih cara penulisan yang benar?

Tidak berbeda jauh dengan bidang IT lainnya seperti IT Support, CV untuk bidang ini juga tidak perlu ribet dan rumit untuk membuatnya.

Nah, di artikel ini MinKi akan kasih informasi mengenai contoh CV Network Engineer beserta cara penulisan yang benar. Yuk, dibaca sampai selesai!

Tips Menulis CV Network Engineer

1. Menggunakan layout yang mudah dibaca

Untuk membuat CV yang bagus tidak selalu terlihat rumit dan riber dalam pembuatannya. Cukup dengan CV yang sederhana saja kamu tetap bisa menampilkan CV yang menarik di mata HRD.

Maka dari itu, sangat penting untuk memilih layout CV yang simple dan pastinya mudah di skimming atau dibaca sekilas oleh recruiter.

Pada dasarnya, tim HRD tidak akan memiliki waktu yang banyak untuk melihat dan membaca CV kamu.

Melansir dari Enhancv, ada 3 jenis layout yang bisa kamu pilih:

1. Functional layout: mengutamakan skill, tapi cukup sulit untuk di skimming

2. Reverse Chronological: lebih bersih daripada functional, namun tidak begitu mudah untuk menggabungkan skill dan pengalaman yang bersertifikat

3. Hybrid resume layout: gabungan dari functional layout dan reverse chronological

4. Menampilakan data diri dalam CV Network Engineer

Ketika memberikan data diri, kamu tidak perlu mencantumkan keseluruhan tentangmu. Cukup memberikan nama lengkap, alamat email, no hp yang masih aktif, dan link LinkedIn.

Perlu kamu ingat untuk jangan berbohong saat menuliskan data diri, karena perusahaan bisa tau lho kalau kamu memberikan data palsu.

Selain itu, jangan sampe salah dalam memberikan data sebab kamu akan rugi jika tidak dapat dihubungi oleh pihak Perusahaan.

2. Membuat perkenalan diri secara profesional dan ringkas

Dalam menuliskan tentang ringkasan diri gunakanlah kalimat yang singkat, padat dan jelas. Itu merupakan tips selanjutnya untuk contoh CV network engineer.

Jangan sampai kamu menggunakan kata-kata yang bertele-tele, yang tentunya tidak akan dibaca oleh HRD secara keseluruhan. Apalagi mencantumkan informasi yang tidak relevan atau terlalu detail.

Idealnya kamu cukup menuliskan tiga baris tentang dirimu, dan itu sudah termasuk pengalaman, tujuan, dan alasan kamu cocok untuk menjadi network engineer.

Melansir dari Resume Worded, kamu bisa menulisnya seperti ini:

Network Engineer with 5+ years of hand-on experience in resolving hardware and software. Implementation, configuration, troubleshooting, infrastructure, and security issues and concerns. Led teams of 5-15 people in reducing downtime, improving network speeds, and reducing costs.

3. Menampilkan pengalaman kerja

Bagian ini adalah inti dari CV kamu. Cantumkan pengalaman kerja kamu dengan rinci, termasuk nama Perusahaan, posisi, periode kerja, dan tanggung jawab utama kamu.

Lalu, kamu bisa menjelaskan pencapaian yang telah diraih dalam peran tersebut. Agar, para rectuiter yakin kalau kamu memang pentas untuk bekerja di posisi ini.

Selain itu, bagi kamu sebagai fresh graduate bisa mencantumkan pengalaman selama magang yang relate dengan kriteria yang dicari.

Agar mudah dibaca, susunlah pengalaman kerja dengan bullets agar terlihat rapi. Jangan menuliskan bagian ini terlalu panjang dan menjadi paragraf.

4. Menuliskan skill yang cocok dengan kriteria

Bukan hanya pengalaman kerja, mencantumkan skill merupakan bagian yang penting dalam sebuah cv.

Kamu harus memastikan bahwa skill yang kamu isi sesuai dengan kriteria dan berhubungan dengan pekerjaan yang sedang kamu cari.

Berikut beberapa contoh hard skills dalam network engineer seperti:

1. Firewalls

2. Scripting and programming languages

3. Knowledge of network design and infrastructure

4. Security

5. Cloud networking

6. Networking automation

7. Hardware

8. Network virtualization

9. Networking

10. Troubleshooting

11. Routing protocols (BGP, OSPF, EIGRP, IGRP, RIP, IS-IS, TCP/IP)

12. Programming skills (C++, C, Phyton, Java)

Contoh CV Network Engineer

Setelah tahu bagaimana tips menulisnya, selanjutnya MinKi akan memberikan contoh CV Network Engineer yang pas buat kamu.

Berikut ini adalah CV network Engineer dalam Bahasa Indonesia.

CV Network Engineer dalam Bahasa Inggris

Nah, sekarang sudah tahukan cara membuat cv network engineer yang baik beserta contoh cv-nya.

Ingatlah bahwa CV kamu harus mencerimkan pengalaman dan kualifikasi kamu secara jelas dan ringkas.

Pastikan juga untuk menyesuaikan CV kamu dengan pekerjaan yang kamu lamar, perkuatlah pada bagian keterampilan dan pengalaman yang paling relevan untuk posisi tersebut.

Jangan Bingung Lagi Soal CV, Soalnya Kita Ada Informasi

Sekarang tidak perlu bingung lagi bagaimana cara membuat CV yang cocok untuk network engineer.

Kamu bisa untuk meniru template di atas untuk mempercantik cv kamu. Dan yang perlu diingat bahwa, kamu harus memperkuat pada bagian pengalaman dan keahliannya.

MinKi lagi ada informasi penting buat kamu nih. PT Graha Karya Informasi lagi membuka lowongan pekerjaan di bidang:

1. System Engineer

2. Scrum Master

3. IT Project Coordinator

4. Data Engineer 

5. Software Quality Assurance

6. Software Developer

Untuk informasi lebih lanjutnya kamu bisa kunjungi Jobstreet PT Graha Karya Informasi atau LinkedIn PT Graha Karya Informasi.

Jangan lupa untuk daftar ke pekerjaan impianmu sesudah menyusun CV ya. Semoga berjodoh!