7 Rekomendasi Tools AI untuk Coding Terbaik Buat Anak IT

Berbicara mengenai Artificial Intelligence (AI) tentunya tidak terpisahkan dari kehidupan kita di era digital yang semakin berkembang.

Kecerdasan buatan tidak hanya digunakan dalam bidang seperti perbankan, kesehatan, atau otomotif, tetapi juga dalam dunia teknologi informasi (IT) khususnya dalam dunia pengembangan perangkat lunak.

Tools AI ini menggunakan kemampuan machine learning untuk membantu para programmer dalam proses pembuatan aplikasi.

Tentunya dengan adanya alat generatif AI ini akan sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mempercepat proses pengembangan perangkat lunak.

Lantas, apa saja sih tools AI untuk coding yang bisa dimanfaatkan oleh anak IT khususnya programmer? Yuk, Simak artikelnya sampai selesai.

7 Rekomendasi Tools AI untuk Coding          

1. GitHub Copilot

GitHub Copilot

Sebuah tool yang dikembangkan oleh GitHub dan OpenAi, merupakan alat penyelesian kode yang didukung oleh kecerdasan buatan.

Ketika menggunakan GitHub Copilot, Anda akan mendapatkan saran atas seluruh baris code yang dibuat dengan lebih cepat tanpa harus membuka dokumentasi dari bahasa pemrograman yang Anda gunakan.

Pada dasarnya, Tool AI ini mempunyai ribuan baris kode yang tersedia secara open source di GitHub, dengan begitu Copilot akan mencarikan kode yang diperlukan melalui GitHub untuk membantu menghemat waktu dalam menulis program.

Untuk menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menuliskan baris kode yang ingin dibuat, dan Copilot akan membuatkannya.

Akan tetapi, alat ini digunakan sebagai ekstensi dalam editor jika ingin menggunakannya.

2. Tabnine

Tabnine

Tools kecerdasan buatan untuk menyelesaikan kode dengan cara memberikan saran dan prediksi terhadap baris kode baris berikutnya berdasarkan sintaks yang Anda buat.

Tool AI ini dapat mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti Python, JavaScript, Rust, TypeScript, Bash, dan GO. Selain itu, Tabnine juga terhubung dengan baik terhadap teks editor, yaitu Sublime, VS Code, dan IntelliJ

Tidak perlu ragu untuk menggunakan alat ini, Tabline akan memberikan saran kode yang akurat dengan menyederhanakan pengkodean sehingga mempercepat penulisan kode dan mengurangi kesalahan.

3. Replit

Replit

Sebuah platform berbasis cloud yang menyediakan Lingkungan Pengembangan Terpadu (IDE) untuk membuat, menguji, dan berbagi kode. 

Salah satu fitur andalan Replit adalah didukung penuh oleh berbagai bahasa pemrograman, yaitu Javascript, Python, Ruby, dan C++. Dengan begitu Anda dapat memilih bahasa yang sesuai dengan kebutuhan.

Terlebih lagi, alat ini menawarkan komunitas yang beragam, di mana Anda dapat berkolaborasi dengan berbagi proyek, memberikan masukan, dan saling belajar antar pengguna.

Buat Anda yang ingin bekerja secara individua tau tim, Replit adalah pilihan terbaik.

4. CodeComplete

CodeComplete

Salah satu tools AI untuk coding yang mirip dengan GitHub Copilot.  Untuk cara kerjanya nya pun hampir sama, Anda hanya cukup memasukan baris kode yang dibutukan, dan CodeComplete akan memberikan hasilnya.

Alat ini juga didukung dalam berbagai macam bahasa pemrograman, diantaranya C++, Java, Phyton, dan masih banyak lagi. 

Namun, ada sedikit perbedaan antara Code Complete dengan tools AI coding lainnya, yaitu alat ini bekerja secara independent dari lingkungan pengkodean.

5. CoGram

CoGram

Tools Code yang didesain buat para ilmuan data dan pemrograman Python yang menggunakan kueri SQL dan juga Notebook Jupyter.

Dengan menggunakan CoGram, Anda dapat membuat kueri dalam bahasa inggris dan akan diterjemahkan secara otomatis oleh alat ini menjadi kueri yang kompleks.

Selain itu, CoGram juga telah mendukung untuk database seperti SQLite, PostgreSQL, dan MySQL.

6. ChatGPT

ChatGPT

Generative Pre-training Transformer atau dikenal sebagai ChatGPT adalah Artificial Intelligence (AI) yang dapat berinteraksi berbasis teks. Ternyata, AI ini dapat membantu membuat coding, lho.

Caranya cukup sederhana, Anda cukup menuliskan pertanyaan, lalu alat ini akan memberikan jawaban yang sesuai. Termasuk dalam dunia per-codingan, Anda dapat mengetikkan kode yang diinginkan dan secara otomatis mengahasilkan kode tersebut.

7. Codacy

Codacy

Alat yang dirancang untuk mengevaluasi dan mengindentifikasi kesalahan pada penulisan kode. Dengan dukungan AI, Codacy akan memberikan feedback tentang kualitas kode kepada pengembang.

Lebih dari itu, tools ini terintegrasi dengan platform seperti GitHub, Jira, Slack sehingga juga mendukung berbagai bahasa pemrograman.

Anda bisa banget menggunakan Codacy jika berusaha untuk menciptakan kode yang bersih serta bebas kesalahan.

Dalam dunia yang semakin dikuasai oleh teknologi, memiliki pemahaman tentang kecerdasan buatan dapat memberikan keunggulan besar.

Rekomendasi tools AI di atas adalah alat yang sangat berguna membantu Anda dalam proses coding.

Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan, Anda dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas kode, dan tentunya menghemat waktu.

Pelajari Bahasa Pemrograman dengan Pelatihan IT di Graha Karya Informasi

Belajar bahasa pemrograman memiliki peran yang sangat penting dalam dunia teknologi informasi yang terus berkembang.

Dengan pemahaman yang baik tentang pemrograman akan membuka pintu peluang karir yang luas. Banyak perusahaan dan industri membutuhkan profesional IT yang memiliki keterampilan dalam pemrograman.

Tentu saja Anda dapat berpeluang untuk menjelajahi berbagai bidang pekerjaan, mulai dari pengembangan perangkat lunak, analisis data, hingga keamanana siber.

Nah, jika Anda ingin mempelajari bahasa pemrograman dengan trainer yang ahlinya. PT Graha Karya Informasi bisa memberikan solusinya.

Dengan Training IT di Graha Karya Informasi, Anda akan mendapatkan materi yang up-to-date dan tentunya relate dengan kebutuhan industry sekarang. Selain itu, Anda juga bakal dibimbing oleh pengajar yang ahli di bidangnya.

Tunggu apalagi, Yuk segera hubungi di:

Email : sales@grahakarya.com

Telp : 021-30066518

Jika ingin tahu lebih banyak tentang tips dan trik dalam teknologi, blog Graha Karya Informasi masih punya banyak artikel yang bisa Anda baca, lho.

Yuk, klik di sini untuk temukan artikelnya!