5 Fungsi Microsoft Word dan Fitur-Fitur yang Memperlancar Pekerjaanmu

 

Microsoft Word adalah salah satu program aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft. Aplikasi ini banyak digunakan oleh orang-orang untuk berbagai keperluan seperti bisnis, pendidikan, pekerjaan dan untuk kepentingan pribadi lainnya. 

Kepopuleran Microsoft Word telah mendunia begitu juga di Indonesia. Bahkan, mulai dari bangku sekolah para siswa sudah dikenalkan dan diajari cara menggunakan Microsoft Word.

Microsoft Word berfungsi sebagai program pengolah kata yang dapat memudahkan pekerjaan kamu. Tapi, fungsi lain dari Microsoft Word tidak hanya itu lho.

Pada artikel kali ini akan dibahas fungsi utama dari Microsoft Word.  Apa saja sih fungsinya? Yuk, simak penjelasannya.

1. Apa itu Microsoft Word

Sebelum kamu mengetahui fungsi dari Microsoft Word, ada baiknya kamu mengetahui dulu nih definisi dari Microsoft Word.

Dilansir dari techopedia, Microsoft Word adalah program pengolah kata yang banyak digunakan oleh orang-orang dan merupakan hasil rancangan dari Microsoft.

Sedangkan melansir dari UA Little Rock, Microsoft Word adalah program pengolah kata yang memungkinkan kamu untuk membuat dokumen sederhana sampai dokumen kompleks.

Microsoft adalah program pengolah kata yang paling populer di dunia hal ini dibuktikan dengan sudah terinstallnya aplikasi tersebut pada sebanyak 1 miliar perangkat yang ada di dunia.

Microsoft word yang memiliki slogan “What You See is What You Get” yang berarti apapun yang kamu tulis atau ketikan di lembar kerja, maka itulah yang akan kamu dapatkan sampai proses percetakan.

Begitu banyak kemudahan yang ditawarkan sehingga Microsoft Word tidak hanya bisa digunakan di sistem operasi Windows saja, tetapi juga sistem operasi Mac OS.

2. Fungsi Microsoft Word Secara Umum

Microsoft memiliki beberapa fungsi secara umum, antara lain :

A. Membuat dan mengedit dokumen

Salah satu fungsi utama Microsoft Word adalah membuat dan mengedit dokumen. 

Kamu bisa membuat dokumen apa saja yang kamu inginkan dalam Microsoft Word. Kamu bisa mengetik kata, kalimat bahkan paragraf. Ketika kamu melakukan kesalahan kamu bisa menggunakan tombol backspace untuk menghapusnya.

Kamu juga bisa melakukan editing untuk melakukan perbaikan terhadap ejaan, tata bahasa, memperbaiki typo

Fyi, sekarang kamu bisa membuat CV ATS friendly lho dengan Microsoft Office. Selain CV ATS kamu juga bisa membuat CV kreatif dengan berbagai template yang disediakan. So, kamu ga perlu lagi pusing untuk mendesain nya. Jadi makin gampang kan dengan Microsoft Word?

B. Memformat dan menyimpan dokumen

Selain kamu bisa membuat dan mengedit dokumen, kamu juga bisa melakukan formating dokumen seperti mengubah teks menjadi tebal (bold), garis bawah (underline), atau miring (italic). Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemberian nomor halaman, membuat header dan footer, membuat dan mengatur tabel, gambar dan masih banyak lagi. 

Setelah itu kamu bisa menyimpan dokumen yang telah kamu buat ke komputer lokalmu. Jadi kamu akan lebih gampang untuk mengaksesnya di kemudian hari.

C. Mencetak dokumen

Fungsi selanjutnya yang di dapat dari Microsoft Word adalah kamu bisa mencetak dokumen yang telah kamu buat sebelumnya. Hal ini sesuai dengan slogan yang dicanangkan oleh Microsoft Word yaitu “What you see is What You Get” yaitu apa yang kamu lihat itu yang akan kamu dapatkan sampai proses percetakan.

Kamu bisa mencetak dokumen dengan memilih printer yang telah terhubung dan juga bisa mengatur berapa banyak dokumen yang ingin kamu cetak.

D. Alat kolaborasi

Kini, Microsoft Word menghadirkan fitur kolaborasi yang memungkinkan kamu untuk mengerjakan proyek yang besar dengan jumlah tim yang besar. Hal ini tentunya, akan menghindari kamu dari rawannya kesalahan atau human error. Selain itu, kamu juga melakukan pengeditan lho secara bersamaan dengan tim tersebut. 

3. Fungsi Microsoft Word Berdasarkan Keperluan

Selain fungsi Microsoft Word secara umum, program ini juga memiliki fungsi berdasarkan keperluannya juga lho, mau tau? Yuk, simak!

A. Keperluan perkantoran

Hampir setiap perkantoran menggunakan Microsoft Word untuk membuat berbagai dokumen penting contohnya mengirim surat atau undangan ke banyak penerima sekaligus dalam waktu yang singkat. Banyaknya fitur yang mempermudah pekerjaan administrasi perkantoranlah  yang menjadi alasan sebuah bisnis menggunakan Microsoft Word.

B. Keperluan tugas makalah

Selain orang-orang perkantoran, ternyata anak sekolah atau para siswa atau bahkan mahasiswa juga membutuhkan Microsoft Word untuk membuat tugas makalah atau tugas-tugas yang lainnya. Program aplikasi ini amat sangat membantu anak sekolah dalam menyelesaikan tugas sekolahnya.

C. Keperluan skripsi

Buat kamu yang lagi dalam proses mengerjakan skripsi, laporan magang atau laporan PKL, Microsoft Word adalah aplikasi yang sangat membantu kamu dalam menyelesaikan laporan tersebut. Kamu bisa menyisipkan berbagai gambar, tabel, atau grafik di dalam dokumen tersebut.

D. Keperluan CV

Dalam proses melamar kerja tentunya kamu diminta untuk melampirkan sebuah CV, baik itu CV kreatif maupun CV ATS. Kedua CV tersebut bisa kamu buat di Microsoft Word dengan hanya menyisipkan tabel, gambar atau tulisan yang kamu mau. Sekarang, kamu juga lebih dipermudah dengan adanya template di Microsoft Word tersebut.

Fitur - fitur terbaru dalam Microsoft Word

Terdapat beberapa fitur terbaru dalam Microsoft Word antara lain :

1. Translate tool

Fitur terbaru yang pertama adalah translate tool. Fitur ini memudahkan kamu untuk menerjemahkan dokumen dengan ragam bahasa yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Cara cukup mudah kamu hanya perlu pergi ke tab “Review” kemudian blog seluruh isi dokumen dan pilih menu “Translate”.

2. Co-author office files

Fitur yang satu ini sangat memudahkan kamu buat bekerja secara tim lho. Kamu bisa menulis sebuah dokumen dalam waktu bersamaan secara kelompok.

3. Equation toolbar

Fitur selanjutnya yaitu equation toolbar. Pada menu kamu sangat dipermudah untuk menemukan simbol-simbol matematika, kimia, atau fisika dan membuat soal-soal perhitungan dalam matematika yang biasanya ditemukan pada Microsoft Excel. Caranya pilih tab “Insert” lalu pilih menu “Symbols” terdapat dua pilihan yaitu Equation dan Symbol.

4. Replace

Nih, buat kamu yang sering salah dalam penulisan tidak perlu lagi untuk mencari kata-katanya dalam paragraf. Pada fitur ini kamu hanya perlu ke tab “Menu” lalu klik menu “Replace” selanjutnya kamu perlu temukan katanya kemudiannya me-replace kata-katanya dengan yang benar.

5. Dark mode

Fitur Microsoft Word yang mencuri perhatian adalah adanya fitur dark mode. Kamu bisa mengatur mode tampilan ketika kamu harus mengetik dalam waktu yang cukup lama sehingga dapat mengurangi tingkat ketegangan mata.

Nah, itulah rangkuman penjelasan mengenai Microsoft Word sebagai Program pengolah kata yang bisa membantu kamu dalam melakukan pekerjaan.

Untuk itu, Yuk tingkatkan skill dan keterampilan kamu seputar Microsoft Word lewat Training IT di PT Graha Karya Informasi dengan kontak dibawah ini:

Email : sales@grahakarya.com

Telp: (021) 30066518

Untuk blog lainnya seputar Jasa IT, Training IT, dan Sertifikasi IT silahkan baca di Blog Graha Karya Informasi