Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Dalam Dunia Kerja

Sertifikasi kompetensi dalam dunia kerja bagi sangat penting bagi karyawan maupun calon karyawan. Hal ini bertujuan untuk memastikan seorang tenaga kerja terjamin kredibilitasnya dalam pekerjaan yang dapat dipertanggungjawabkan oleh pemilik sertifikat. Untuk mendapatkan sertifikat kamu bisa mengikuti sebuah training atau pelatihan. Ada banyak training yang dapat kamu lakukan, salah satunya IT Training yang tentunya skill ini pasti dibutuhkan dan dicari oleh setiap perusahaan. kamu bisa mengikuti IT Training untuk meningkatkan skill kamu di Graha Karya Informasi (link web graha). Tapi apa sih sebenarnya sertifikasi kompetensi itu? Yuk simak pembahasanya dibawah ini.

1.Pengertian sertifikasi kompetensi 

Sertifikasi kompetensi adalah suatu pengakuan terhadap tenaga kerja memiliki keterampilan dan pengetahuan, serta sikap kerja sudah sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.  Dengan begitu sertifikasi ini memberikan kepastian jika tenaga kerja atau pemilik sertifikat tersebut sudah terjamin akan kredibilitas kerjanya. Terutama saat melakukan suatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Biasanya sertifikasi ini dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang dibidang terkait, seperti organisai profesi. Sebagian sertifikasi kompetensi hanya berlaku untuk periode tertentu, sebagaian lainnya bisa diperbaharui tanpa batas waktu selama persyaratan terpenuhi.

2. Perbedaan sertifikat dan ijazah

Untuk melamar pekerjaan biasanya seseorang melampirkan ijazah dan sertifikat kompetensi. Ijazah dikeluarkan oleh sekolah atau kampus sebagai bukti seseorang telah lulus dari sekolah tersebut. Sementara itu, sertifikat kompetensi sebagai bukti bahwa seseorang memiliki keahlian di bidang tertentu secara spesifik. Waktu berlakunya ijazah dan sertifikat juga berbeda, ijazah berlaku sampai kapan pun, tetapi sertifikat umumnya berlaku selama 2 tahun saja. Selanjutnya seseorang harus melakukan proses sertifikasi lagi untuk mengecek apakah kemampuannya masih sama atau mengalami penurunan. 

3. Manfaat dari sertifikasi kompetensi 

Berikut beberapa keuntungan sertifikasi kompetensi:

  • Bagi pencari kerja yang mempunyai sertifikat kompetensi
  1. Kreadibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat
  2. Mempunyai bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui
  3. Bertambahnya nilai jual dalam rekrutmen tenaga kerja
  4. Kesempatan berkarir yang lebih besar
  5. Mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki
  • Bagi karyawan di tempat kerja yang telah bersertifikat
  1. Jenjang karir dan promosi yang lebih baik
  2. Meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya pengakuan terhadap 
  • Bagi perusahaan atau tempat kerja
  1. Mengurangi kesalahan kerja
  2. Produktivitas kerja
  3. Komitmen terhadap kualitas
  4. Memudahkan dalam penerimaan karyawan
  5. Mempunyai karyawan yang berdaya saing, terampil dan termotivasi

4. Contoh sertifikat kompetensi

Sertifikasi kompetensi bisa ditemui di hampir semua bidang seperti sertifikat dibidang industri dan elektronika, bidang keuangan dan perpajakan, bidang bahasa, dan bidang teknologi. Contoh sertifikasi dalam bidang teknologi informasi yaitu: 

  • Sertifikat CCNA (Cisco Certified Network Associate)

yaitu validasi kepada pemegangnya bahwa dia mampu memasang, melakukan konfigurasi, serta melakukan troubleshooting jaringan

  • Sertifikat CCNP R&S (Cisco Certified Network Professional Routing & Switching) 

yaitu keahlian yang diberikan kepada seseoran yang siap mengembangkan karir dan bekerja secara mandiri pada sistem jaringan Cisco. 

  • Sertfikat MOS (Microsoft Office Specialist) 

yaitu keahlian yang diberikan kepada seseorang yang telah menunjukan kemampuan terhadap fitur dan fungsi secara penuh dari Microsoft Office. 

  • Sertifikat Power BI, Fortinet, dll. 

Melalui PT. Graha Karya Informasi, kamu dapat memperoleh sertifikat-sertifikat diatas dengan mengikuti program pelatihan dan ujian. Sertifikat tersebut nantinya dapat membantu menunjang dan memberikan peluang karir kamu untuk kedepannya. Untuk informasi lebih lengkap, Kamu bisa mengunjungi PT Graha Karya Informasi.