Mengenal Negosiasi Bisnis

Tanpa disadari, proses negosiasi selalu kita lakukan dalam segala aspek kehidupan termasuk juga dalam bisnis. Bagi perusahaan yang ingin terus mengembangkan bisnisnya, mau tidak mau perusahaan tersebut harus bekerja sama dengan pihak lain untuk mengembangkan usahanya. 

Proses negosiasi tidak boleh dilakukan sembarangan. Terdapat aturan-aturan yang perlu disepakati antara kedua belah pihak agar tidak ada yang merasa dirugikan. Bagi kamu yang terjun didunia bisnis, ada baiknya untuk menguasai strategi negosiasi bisnis yang baik.

Lewat artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai Negosiasi Bisnis (Business Negotiation)agar kamu bisa menjadi negosiator yang andal. Yuk, dibaca!

1. Apa itu Negosiasi Bisnis

www.freepik.com

Secara sederhana, negosiasi bisnis adalah keadaan dimana dua atau beberapa pihak saling berinteraksi, mempengaruhi, dan juga bertransaksi untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan dalam menjalankan bisnis. Biasanya negosiasi bisnis dilakukan untuk memajukan bisnis perusahaan, menyejahterakan karyawan, meningkatkan company value, dan lain-lain. 

Walaupun realitanya tidak semua negosiasi selalu ideal, dimana ada pihak yang merasa diuntungkan dan ada pihak yang merasa dirugikan. Terlepas dari itu semua, negosiasi yang sesungguhnya adalah untuk mencari titik temu antara dua pihak atau lebih. Proses negosiasi biasanya dilakukan antara dua belah pihak, namun tidak jarang juga melibatkan pihak ketiga (negosiator).

2. Tujuan Negosiasi

www.freepik.com

Tujuan ideal negosiasi adalah mencari win-win solution agar semua pihak yang melakukan negoasiasi merasa diuntungkan dan tidak ada yang merasa dirugikan.

Adapun tujuan negosiasi yang lainnya, antara lain sebagai berikut:

  • Menyelesaikan konflik atau perdebatan yang ada
  • Mendapatkan kesepakatan dan jalan keluar dari perbedaan pendapat.
  • Menghindari hal-hal negatif yang dapat timbul dari bisnis seperti perbedaan pendapat dan pertikaian karena tidak ada pihak yang ingin mengalah dan mendengarkan pendapat pihak lain apabila terjadi masalah dikemudian hari 

3. Manfaat Negosiasi

www.freepik.com

Manfaat dari negosiasi adalah menyatukan pendapat. Tanpa negosiasi, perbedaan pendapat bisa berujung pada konflik berkepanjangan. 

Manfaat dari proses negosiasi lainnya, yaitu :

  • Terciptanya kerja sama antar pihak untuk mencapai tujuannya masing-masing
  • Timbul saling pengertian antar pihak yang melakukan negosiasi
  • Terciptanya kesepakatan yang menguntungkan semua pihak yang bernegosiasi
  • Terbentuknya interaksi yang positif antar pihak yang melakukan negosiasi yang kemudian bisa berdampak luas ke lebih banyak orang.

4. Apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan negosiasi bisnis

www.freepik.com

Ada baiknya sebelum melakukan negosiasi bisnis kamu perlu mempersiapkan hal-hal penting agar negosiasi yang dilakukan tidak keluar jalur atau bahkan tidak terjadinya kesepakatan. Adapun hal-hal penting tersebut, antara lain:

  • Riset perusahaan dan riset lawan bicara

Hal pertama yang harus kamu persiapkan sebelum melakukan negosiasi adalah riset perusahaan yang akan menjadi partner kalian. Pastikan bahwa misi dan kebutuhan perusahaan tersebut sesuai dengan misi dan kebutuhan perusahaan kalian. Selanjutnya, kamu perlu untuk melakukan riset terhadap orang yang akan menjadi lawan bicaramu selama negosiasi berlangsung. Kamu bisa melakukan research di berbagai platform media social salah satunya di Linkedln. Cobalah mencari tahu peran dan pekerjaan mereka di dalam perusahaan.

  • Tentukan hal-hal yang dapat kamu kompromikan 

Faktanya, kita tidak selalu mendapatkan hal-hal yang kita inginkan. Tentukan hal-hal apa saja yang bersedia untuk kamu kompromikan. Untuk hal-hal yang tidak terlalu krusial, cobalah untuk bersikap flexible.

  • Siap mundur jika tidak terjadi kesepakatan

Dalam negosiasi, kemungkinan tidak terjadinya kesepakatan antara kedua belah pihak bisa saja terjadi. Apabila pihak lain tidak dapat memberikan penawaran yang sesuai dengan yang kamu tawarkan, kamu dapat dengan sopan menghentikan diskusi dan mencari pihak lain untuk membuat kesepakatan.

  • Siapkan alternatif win-win solution

Proses negosiasi umumnya memiliki batas waktu. Jika tidak ada kesepakatan hingga batas waktu yang telah disepakati, maka kesepakatan dianggap batal ataupun menambah waktu diskusi lagi. Jika hal ini terjadi, kamu bisa menawarkan alternatif kesepakatan lain yang menguntungkan kedua belah pihak.

5. Etika dalam negosiasi bisnis yang baik

www.freepik.com

Dalam negosiasi etika menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Kita harus menjunjung tinggi etika dan berpegang teguh pada nilai personal serta visi perusahaan. Apalagi saat kita berhadapan dengan partner perusahaan lain yang memiliki perbedaan ras, agama, dan latar belakang kebudayaan yang berbeda, kita perlu menyesuaikan penampilan dan tingkat toleransi mereka. Sehingga akan membentuk fondasi hubungan yang kuat dan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

6. Kesalahan yang biasa dilakukan saat negosiasi bisnis

www.freepik.com

Negosiasi merupakan hal yang melelahkan dan bisa menguras energi untuk mencapai kesepakatan. Untuk itu sangat penting untuk memastikan negosiasi dilakukan dengan benar. Bahkan kesalahan kecil bisa membuat negosiasi gagal. Berikut adalah bentuk-bentuk kesalahan yang dilakukan oleh negosiator ketika melakukan negosiasi :

  • Persiapan yang tidak matang

Kunci dari sebuah negosiasi adalah persiapan. Tanpa persiapan yang baik berarti kamu menbawa diri kamu ke pintu kegagalan. Kenapa? Karena dengan begitu kamu tidak akan percaya diri dan tidak terlihat serius di mata partner.

  • Jangan terburu-buru

Negosiasi membutuhkan waktu, jangan terburu-buru jika kamu ingin negosiasi kamu berjalan dengan lancer dan berakhir dengan baik. Jangan takut untuk membangun komunikasi selama proses negosiasi.

  • Menganggap suatu aspek tidak bisa dinegosiasikan

Jika cukup beruntung kamu bisa menang dalam sebuah negosiasi tapi kadang kalanya kamu beradi diposisi yang kurang menguntungkan. Jangan pernah kamu berpikir tidak ada lagi aspek yang dapat dinegosiasikan. Cobalah untuk tenang dan coba pikirkan kembali aspek-aspek yang memungkinkan untuk dinegosiasikan

7. Negosiator Baik vs Negosiator Buruk

  • Negosiator baik
     
www.freepik.com
  • Mempersiapkan diri dengan baik
  • Mampu menganalisa masalah dan menemukan solusinya
  • Menyampaikan informasi yang relevan
  • Menggunakan kata-kata diplomatis saat bernegosiasi dan body language yang positif
  • Menunjukan ketegasan dan keserius saat melakukan negosiasi

 

  • Negosiator buruk
www.freepik.com
  • Bersikap tidak profesional dan mudah emosional
  • Tidak mampu mendengarkan lawan bicara secara aktif
  • Menyalahkan pihak lawan ketika tidak mendapatkan hasil yang diinginkan

Demikianlah penjelasan mengenai negosiasi bisnis dan berbagai bagian penting yang perlu kamu ketahui. Dengan kamu memahami negosiasi bisnis yang tepat, maka hal tersebut dapat membantu kamu mendapatkan hasil yang baik. 

Untuk kamu yang tertarik untuk menambah soft skill dibidang negotiation skill, kamu bisa mengambil trainingnya melalui PT. Graha Karya Informasi. Kami juga menyediakan training soft skill lainnya sesuai dengan kebutuhanmu. 

Yuk, klik disini untuk join trainingnya!